Lomba Balita Sehat oleh HMJ Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Jumat, 5 Oktober 2018 HMJ Kebidanan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam acara Balita Sehat 2018. Kegiatan ini diadakan di TK ABA Danunegaran yang beralamat di Jl. Parangtritis no 46, Mantrijeron Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 – 12.00 WIB yang diawali dengan senam pagi bersama..

Dalam Acara Balita Sehat 2018 terdapat dua perlombaan yaitu lomba mewarnai dan lomba balita sehat. Lomba balita sehat dinilai dari keaktifan dan semangat saat melaksanakan kegiatan senam, sikat gigi yang baik dan benar, dan kecukupan BB TB dan LLA yang normal sesuai usia.

Acara selanjutnya setelah kegiatan senam selesai adalah acara pembukaan dan laporan ketua panitia, dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Anita Rahmawati, SSIT, MPH selaku dosen kebidanan Poltekkes Yogyakarta dan sambutan Ibu Tri Widayati, M.Pd selaku kepala TK ABA Danunegaran Mantrijeron.

Lomba mewarnai diikuti oleh 30 murid TK ABA Danunegaran. Lomba mewarnai ini berjalan dengan baik dan menyenangkan diiringi dengan lagu anak-anak yang antusias mengikutinya.. Murid-murid juga bergantian diukur berat badan, tinggi badan dan LLA oleh panitia-panitia HMJ Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Murid-murid yang sudah diukur BB, TB dan LLAnya akan lanjut dengan praktik menyikat gigi yang baik dan benar yang juga dinilai oleh panitia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan bakti sosial pembagian sikat gigi gratis kepada peserta dari adik-adik TK ABA Danunegaran, dengan tujuan agar adik adik rajin menyikat gigi minimal 2 kali sehari agar terhindar dari kuman dan penyakit. Dilanjutkan dengan puncak acara yaitu pengumuman pemenang lomba mewarnai dan lomba balita sehat. Ada juga pembagian doorprize kepada murid-murid yang dilakukan oleh pembawa acara. Acara ditutup dengan bacaan hamdallah dan senyum kebahagiaan dari adik-adik TK ABA Danunegaran.

*****