RAPAT KERJA ORGANISASI MAHASISWA 2019

Jumat Kliwon, 25 Januari 2019 dilaksanakan Rapat Kerja Organisasi Mahasiswa 2019 di Auditorium Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa (Ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan perwakilan asrama serta dihadiri oleh tamu undangan yaitu Pembantu Direktur III, Ka. Ur Kemahasiswaan, Staff Pembantu Direktur III, dan Administrasi Keuangan Pembantu Direktur III.

Acara dimulai pukul 08.20 WIB oleh Pembawa Acara dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Visi dan Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta laporan ketua panitia oleh Kirana Ketrin. Sambutan Pembantu Direktur III yaitu Bapak Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes. pada pukul 08.30 WIB memberi motivasi supaya mahasiswa berpartisipasi untuk mengikuti perlombaan baik intern maupun ekstern, seperti lomba karya ilmiah, essai, dan keorganisasian. Selain itu, adanya berbagai kegiatan misalnya Diesnatalis dan Hari Kesehatan Nasional bisa dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Setiap mahasiswa hendaknya senantiasa membangun rasa percaya diri. Beliau menyampaikan ada 10 (sepuluh) faktor kesuksesan seseorang di dunia: Kejujuran, disiplin, mudah bergaul, dukungan pendamping, kerja keras, kecintaan terhadap apa yang dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, dan kemampuan menjual ide.

Acara inti dari kegiatan Rapat Kerja Organisasi Mahasiswa 2019 merupakan pembahasan kalender kegiatan Ormawa, UKM dan kegiatan asrama pada satu periode kepemimpinan yaitu Bulan Januari 2019-Desember 2019 yang dimulai pada pukul 08.50 WIB oleh penyaji. Penyaji merupakan bagian dari Komisi B Badan Legistlastif Mahasiswa. Pembahasan kalender dilaksanakan dengan sistem pembahasan bulan per-bulan meliputi penyampaian tanggal, tempat, sasaran dan anggaran dana yang dialokasikan untuk setiap kegiatan Ormawa, UKM dan asrama. Rapat Kerja Organisasi Mahasiswa 2019 ini yang selanjutnya disebut dengan Raker Ormawa dilaksanakan setiap 3 bulan sekali dimana pada Raker Ormawa selanjutnya akan dilakukan pembaharuan kalender apabila terdapat perubahan pelaksanaan kegiatan oleh tiap-tiap Ormawa, UKM dan asrama. Pada Raker Ormawa Jumat Kliwon, 25 Januari 2019 terdapat beberapa diskusi oleh tiap Ormawa, UKM dan perwakilan asrama yang bersangkutan. Perubahan jadwal kegiatan ataupun penambahan daftar kegiatan disampaikan oleh tiap perwakilan yang kemudian direvisi oleh komisi B dan didengar oleh seluruh peserta yang hadir. Salah satu diskusi terdapat pada pembahasan kalender bulan April dimana kegiatan BEM dengan kegiatan HMPS Keperawatan yang dilaksanakan pada tempat dan tanggal yang sama. Diskusi dan dinamika rapat berjalan dengan baik sehingga Raker Ormawa 2019 dapat menghasilkan kalender kegiatan Ormawa periode 2019 yang telah disepakati oleh forum. Kegiatan rapat kerja diakhiri pukul 11.28 WIB.

*****