TAHSIN MAHASISWA ASRAMA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Kegiatan Tahsin Mahasiswa Asrama POLKESYO periode November 2018 – Februari 2019 telah selesai dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Pengembangan Studi Al-Qur’an POLKESYO. Kegiatan tahsin dilaksanakan dalam bentuk kelompok belajar mengaji yang terdiri dari 1 pengajar dan kurang lebih 10 peserta.

Setiap kegiatan tahsin mahasiswa asrama selalu diawali pembukaan dan pembacaan doa yang dipimpin oleh pengajar. Dilanjutkan dengan peserta menyetorkan bacaan surat kepada pengajar. Selesai setoran bacaan, dialnjutdengan pembelajaran tahsin selama 90 menit. Pengajar menyampaikan cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Materi dimulai dari memperbaiki pengucapan tempat keluarnya huruf hijayah menggunakan Iqra, yang dimulai dari jilid pertama. Kemudian kegiatan tahsin ditutup dengan membaca doa sesudah belajar tahsin.

Kegiatn Tahsin di Asrama I dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis setiap minggunya. Sementara Tahsin di Asrama II dan III dilaksanakan pada hari Rabu dan Jumat setiap minggunya.

Harapan dari kegiatan Tahsin ini adalah mahasiswa Asrama 1, 2 dan 3 POLKESYO mendapatkan  pembelajaran Al-Qur’an yang baik untuk dirinya sendiri, dan kemudian bisa mengajarkan Al –Qur’an kepada orang lain.

*****