LATIHAN DASAR ORGANISASI MAHASISWA POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA TAHUN 2019

Latihan Dasar Organisasi Mahasiswa telah dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 3 dan. 4 Maret 2019 yang diikuti 122 mahasiswa dari berbagai pengurus organisasi mahasiswa di POLKESYO. Hari pertama, kegiatan dibuka oleh Wakil Direktur III, Bapak Dr. Iswanto.,SKM.,M.Kes, yang sekaligus membuka kegiatan Latihan Dasar Ormawa tahun 2019.

Seusai pembukaan, peserta mendapat materi tentang keorganisasian. Materi pertama meliputi model-model pengukuran kinerja organisasi, analisis SWOT, perumusan masalah organisasi, pengembangan alternatif solusi, dan penyusunan rencana pengembangan organisasi yang di sampaikan oleh Dr. Heru Subaris Kasjono.,SKM.,M.Kes. Materi kedua tentang alur penggunaan dana dan pencairan dana ormawa, pendidikan anti korupsi, organisasi sebagai sub sistem, asas-asas manajemen, administrasi kesekretariatan serta administriasi keuangan yang disampaikan oleh Bapak Margono, S.Pd, M.Si., Materi ketiga disampaikan oleh Bapak Sarka Ade Susana, SIP, S.Kep.MA, tentang hakikat motivasi, pengambilan keputusan, pengendalian konflik, identifikasi dan pemecahan masalah organisasi.

Selain materi tersebut, peserta juga mendapat materi dari Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Bapak Dr. Iswanto.,SKM.,M.Kes mengenai kepemimpinan, dasar-dasar organisasi dan pengambilan keputusan. Kemudian materi terakhir terkait pola pengembangan bidang kemahasiswaan, SKKM dan pengorganisasian kegiatan.

Materi-materi tersebut diharapkan menjadi bekal bagi pengurus-pengurus organisasi di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta agar menjadi organisator yang baik dan dapat memajukan kesejahteraan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sebelum penutupan kegiatan pada hari pertama, panitia mengumumkan kelompok untuk outbond yang akan dilaksanakan di hari kedua.

Sebelum kegiatan outbound di hari kedua, peserta masih mendapatkan pembekalan materi mengenai pola penyusunan ususlan kegiatan, penyempurnaan usulan kegiatan, dan manajamenen organisasi dan pemecahan masalah organisasi yang disampaikan oleh Saudari Septiasih Windiasari Utami. Serta materi tentang pola pengembagan bidang kemahasiswaan dan SKKM,  pengorganisasian kegiatan/ kepanitiaan, manajemen pengelolaan informasi dan masalah organisasi, dan keprotokoleran yang disampaikan oleh Ibu Eko Suryani S.Pd, M.Kep, M.A. Seusai materi hari kedua, dilaksanakan post test yang bertjuan untuk mengetahui seberapa jauh peserta memahami materi yang telah disampaikan.

Selesai materi hari kedua, peserta mengikuti outbond yang dilaksanakan disekitar halaman kampus pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan outbond ditujukan untuk seluruh peserta dengan tujuan memupuk kerja sama tim dan meningkatkan kemampuan dalam menghadapi masalah dalam tim. Seluruh peserta begitu aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan yang sudah berjalan.

*****