Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2019

Pekan Olahraga dan Seni atau PORSENI yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa dilaksanakan dalam memperingati Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang ke-18. PORSENI tahun ini mengangkat tema “Take Up Your Sportivity to Move Up Your Creativity” dan dilaksanakan dari tanggal 10 – 30 Maret 2019. Tujuan diadakannya kegiatan PORSENI ini adalah sebagai wadah dimana kita dapat menyalurkan minat, bakat dan hobi khususnya bagi mahasiswa maupun civitas akademika di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sasaran dari kegiatan Pekan Olahraga dan Seni ini adalah mahasiswa dan dosen / karyawan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, serta beberapa siswa dan mahasiswa dari SMA dan universitas yang ada di Yogyakarta.

Pada event PORSENI tahun 2019 ini, diadakan beberapa lomba, antara lain lomba futsal yang diselenggarakan pada Minggu Wage, 10 Maret 2019 di Dolano Futsal yang beralamat di Jalan Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul. Lomba futsal ini diikuti oleh 6 jurusan dan diambil 2 juara dari tiap tim putra dan tim putri. Juara 1 tim putra dan tim putri berhasil dimenangkan oleh jurusan kesehatan lingkungan. Sedangkan juara 2 tim putra diraih oleh jurusan keperawatan dan tim putri oleh jurusan gizi.

Kemudian pada Minggu Legi, 17 Maret 2019 diselenggarakan lomba catur dan tenis meja di Ruang Garuda 1 dan Lobby Kampus Pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Juara 1 lomba catur diraih oleh Qadli Zakawara (Kesehatan Lingkungan) dan Eva Elvara (Keperawatan Gigi) sedangan juara 2 diraih oleh Ya’ Bima Alfasa (Keperawatan Gigi) dan Melani Rizki Utami (Kesehatan Lingkungan). Untuk lomba tenis meja juara 1 dimenangkan oleh Dhiki Tri (Analis Kesehatan) dan Alysia Salma (Kesehatan Lingkungan) serta juara 2 oleh Bagoes Prasetyo (Kesehatan Lingkungan) dan Herdiana Dyah (Keperawatan Gigi).

Lomba terakhir pada serangkaian PORSENI 2019 adalah lomba vocal contest. Lomba ini dilaksanakan pada Sabtu Wage, 30 Maret 2019 dan bertempat di Auditorium Graha Bina Husada. Total peserta yang berpartisipasi pada lomba ini ada 47 peserta yang merupakan siswa atau mahasiswa dari SMA dan universitas yang ada di Yogyakarta. Pada babak pertama setiap peserta harus membawakan lagu wajib Judika – Jadi Aku Sebentar Saja untuk peserta laki – laki dan Raisa – Teduhnya Wanita untuk peserta perempuan. Kemudian diambil 10 peserta terbaik yang masuk babak final untuk membawakan lagu bebas (pop, dangdut, atau jazz). Dari sini para juri menentukan bahwa yang berhak meraih trophy juara 1 dan uang pembinaan sebesar Rp 1.000.000 adalah Keysha Diva Azahra dari Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta, untuk trophy juara 2 dan uang pembinaan sebesar Rp 750.000 berhasil diraih oleh Donald Harist dari Institut Seni Indonesia (ISI), serta trophy juara 3 dan uang pembinaan sebesar Rp 500.000 diberikan kepada Yulius Krissanto dari STIKES Bethesda.

Kegiatan PORSENI 2019 ini dinilai lancar dan sukses dalam penyelenggaraannya. Dimulai dari Lomba Futsal, Catur, Tenis Meja, sampai dengan Vocal Contest berjalan dengan baik sekalipun masih banyak yang perlu diperbaiki supaya kegiatan PORSENI tahun depan dapat menjadi lebih baik lagi.

*****