Kegiatn Pengabdian Masyarakat dalam Acara Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat HMPS Sarjana Terapan Kebidanan

Sabtu, 27 April 2019 HMPS Sarjana Terapan Kebidanan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam acara Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kegiatan ini diadakan di SD N 1 Tirtosari yang beralamat di Kirobayan, Tirtosari, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 diawali pembukaan yang dipimpin oleh MC, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia dan sambutan oleh Bapak Sukirmanto,S.Pd selaku Kepala SD N 1 Tirtosari.

Acara selanjutnya adalah pemaparan materi mengenai cara mencuci tangan yang disampaikan oleh Sri Astuti Handayani, sementara pemaparan materi beserta memperagakan dengan panthom gigi cara menggosok gigi yang benar disampaikan oleh Tri wulaningsih. Setelah pemaparan materi selesai, dilakukan praktik cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar oleh siswa kelas 2 SD N 1 Tirtosari dengan dipandu oleh team HMPS Sarjana Terapan Kebidanan. Peserta mencoba satu persatu cara mencuci tangan dan menggosok gigi menggunakan sikat gigi dan pasta gigi yang dibagikan secara gratis oleh team HMPS Sarjana Terapan Kebidanan. Peserta mempraktikan secara bergantian dan apabila ada kesalahan akan dikoreksi / dibenarkan oleh pemandu.

Setelah peserta melakukan praktik cara mencuci tangan dan menggosok gigi, dilakukan evaluasi dengan memperagakan kembali mengenai tata cara mencuci tangan dan menggososk gigi yang benar. Bagi yang dapat memperagakan kembali dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia maka akan diberi doorprize/ hadiah. Setelah dilakukan evaluasi acara ditutup oleh pembawa acara dan dilanjutkan foto bersama serta pemberian kenang kenangan dari HMPS Sarjana Terapan Kebidanan kepada Kepala SD N 1 Tirtosari.

*****