Kegiatan Desa Binaan Jurusan Keperawatan Gigi

Jumat Pahing, 17 Mei 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi mengadakan kegiatan Desa Binaan  bertempat di TK Kanisius Pingitan dan SD Kanisius Ngapak yang beralamat di Pakelan, Sumberarum, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan yaitu Bapak Suharyono,SSiT., S.Pd., M.Kes., dan Bapak Sutrino SSiT., M.Kes. serta delegasi dari BLM, BEM, HMJ masing masing jurusan.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia saudara Ya Bima Alfasa. Sambutan kedua oleh Bapak Suharyono,SSiT., S.Pd., M.Kes. selaku Ketua Jurusan Keperawatan Gigi dan sambutan terakhir oleh Ibu Dewi Rosiana selaku kepala SD Kanisius Ngapak. Acara selanjutnya adalah penyuluhan mengenai cara mencuci tangan yang disampaikan oleh Isnaeni Tyas Utami dan Afifah Noor Rahmah. Setelah penyuluhan materi selesai, dilakukan praktik cara mencuci tangan dengan dipandu oleh tim HMJ Keperawatan Gigi. Setelah praktik mencuci tangan dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut yang dipandu oleh Anggun Dwi Hamdi dan Chicy Cahyaningsih. Penyuluh memperagakan cara menggosok gigi yang benar dengan memnggunakan alat peraga panthom dan sikat gigi.  Setelah pemaparan selesai dilanjutkan praktik menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi. Peserta mempraktikan secara bergantian dan apabila ada kesalahan akan dikoreksi / dibenarkan oleh pemandu.

Setelah peserta melakukan praktik cara mencuci tangan dan menggosok gigi, bagi yang dapat memperagakan kembali dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh panitia maka akan diberi doorprize. Acara diakhiri dengan penutupan dan foto bersama. Kegiatan Desa Binaan Jurusan Keperawatan Gigi POLKESYO berjalan dengan lancar.

*****