Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 Mapala Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 5 Juni diperingati oleh Mapala Poltekkes Yogyakarta dengan mengadakan Penanaman Bibit Mangrove. Kegiatan Penanaman Bibit Mangrove dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2019 di Muara Pantai Trisik, Banaran, Galur, Kulon Progo. Kegiatan diawali dengan pembukaan di rumah Bapak Bambang selaku ketua kelompok tani Desa Banaran yang dihadiri pula oleh Direktur Poltekkes Kemenkes serta dosen dan jajarannya, dan Kepala Desa serta anggota kelompok Tani desa setempat. Pembukaan kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang diisi dengan sambutan-sambutan dan dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Kepala Desa dan Dukuh setempat.

Pembekalan mengenai tata cara penanaman mangrove disampaikan oleh Bapak Bambang kepada seluruh peserta sebelum terjun ke lapangan. Setelah penyampaian materi penanaman dan penutupan di rumah Bapak Bambang selesai, peserta dan seluruh Dosen Poltekkes menuju tempat penanaman mangrove menggunakan kendaraa. Perwakilan tani, Polsek, Tni, dan Dinas Lingkungan Hidup bergabung dalam kegiatan langsung di lokasi penanaman. Kegiatan penanaman diawali dengan penanaman bibit pertama oleh Direktur Poltekkes dan Kelompok Tani, dilanjutkan oleh peserta lain.

Setiap peserta menanam kurang lebih 5-10 bibit mangrove yang ditanam dan diikat dengan ajir atau batang bambu agar bibit tertanam dengan kuat dan tidak hilang terbawa air pasang. Penanaman berakhir pukul 11.30 WIB kemudian peserta kembali ke rumah Bapak Bambang untuk bersih diri dan makan siang. Kegiatan ditutup dengan foto bersama dengan Pak Bambang, peserta, dan seluruh panitia.

*****