Festival Anak Sholeh 2019 UKM SKI POLKESYO

Memasuki Era globalisasi kini, terdapat hal pokok dan mendesak yang perlu kita perbaiki, yaitu pembenahan Akhlak dan peningkatan ilmu pengetahuan umat. Ilmu pengetahuan sendiri dapat ditingkatkan jika semua menyadari betapa pentingnya ilmu pengetahuan bagi kemajuan umat. Sehingga usaha yang betul–betul berimbang akan dapat meningkatkan kualitas umat secara optimal. Kita bisa cermati seperti termaktub dalam arti hadist ini “Menuntut ilmu itu wajib bagi muslim laki dan muslim perempuan“.

Berangkat dari hal tersebut, UKM Sentra Kerohanian Islam Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (POLKESYO) mengadakan sebuah festival dengan tajuk Festival Anak Sholeh. Festival Anak Sholeh merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi. Ada dua kategori santri pada festival kali ini, yaitu santri TPA dengan umur 5-7 tahun, dan santri TKA dengan umur 8-12 tahun.

Festival Anak Sholeh ini dilaksanakan pada Minggu Legi, 30 Juni 2019 bertempat di Halaman Kampus Direktorat POLKESYO. Terdapat tujuh cabang lomba yang diadakan pada festival kali ini, diantaranya Lomba Adzan, Lomba Tartil, Lomba Mewarnai, Lomba CCA, Lomba Da’i, Lomba Gerakan Sholat, dan Lomba Hifdzil Qur’an.

Maksud dan diadakannya tujuan ini adalah untuk menambah ilmu dan meningkatkan ukhuwah islamiyah antar peserta. Sementara tujuan dari kegiatan Festival Anak Sholeh adalah untuk Menambah ilmu dan motivasi bagi peserta; memberikan bekal dasar ilmu Islam sebagai agent of change diatas pemahaman Islam yang benar; menanamkan karakter santri yang Agamis, Jujur, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Bersahabat/ Komunitatif, dan Tanggung Jawab.

Kegiatan perlombaan  bukanlah aktifitas yang hanya dirancang dan dilaksanakan karena rutinitas semata,  namun selain dari itu Allah juga memerintahkan kita sebagai manusia yang beriman untuk senantiasa berlomba dalam kebaikan, sebagai mana firman-Nya yang artinya : “…. Maka berlomba-lombalah  (dalam  membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). ……” ( Al-Baqarah : 148). Perlombaan diperintahkan dengan syarat perlombaan dalam kebaikan. Kelak kebaikan itu akan menjadi bukti kita di hari akhir.

*****