UKM Riset POLKESYO gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah tahun 2019 untuk pelajar SMA sederajat di DIY

Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta yang juga sering dikenal dengan POLKESYO memiliki berbagai organisasi mahasiswa yang dapat menampung potensi yang dimiliki mahasiswa. Salah satunya adalah UKM Riset yang berkecimpung  pada bidang penelitian-penelitian ilmiah.

Riset Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta kembali menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah tahun 2019 untuk pelajar SMA sederajat di DIY dan sekitarnya, yang merupakan event tahuan dari UKM Riset. Lomba Karya Tulis Ilmiah ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelajar SMA dalam bidang kepenulisan melalui sebuah karya yang relevan dan berinovasi.

Menurut UKM Riset POLKESYO, minat mahasiswa dalam penulisan karya ilmiah masih rendah, sedang manfaat dari penulisan karya ilmiah sendiri bagi mahasiswa sangatlah penting. Oleh karena itu, untuk memupuk minat terhadap penelitian dan penulisan karya ilmiah terhadap generasi muda UKM Riset mengadakan Lomba Ide Kreatif Siswa.

Lomba Ide kreatif 2019 diikuti oleh 3 sekolah dengan 8 karya tulis ilmiah. Delapan  karya tulis ilmiah ini akan diseleksi secara kepenulisannya. Tahap selanjutnya adalah seleksi presentasi karya tulis ilmiah dari semua karya tulis terbaik yang akan dipilih menjadi Juara I,II,III, Harapan I dan Harapan II.

Seleksi presentasi karya tulis dilaksanakan pada Minggu Legi, 4 Agustus 2019 bertempat di Auditorium Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Karya tulis yang lolos untuk mengikuti seleksi presentasi yaitu dari SMK SMTI Yogyakarta dengan enam karyanya “Efektivitas Biopestisida Daun Ketapang Untuk Mengendalikan Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Sawi”, “Pengembangan Dokute (Donat Limbah Kulit Tauge) Inovasi Olahan Donat Berbasis Divertifikasi Limbah Untuk Menunjang Kegiatan Ekonomi Kreatif”, “Inovasi Pengembangan Limbah Ampas Kelapa Dan Cangkang Melinjo Menjadi Briket Dua Massa Paijo (Ampas Kelapa Dan Cangkang Melinjo) Untuk Menciptakan Nilai Ekonomis Menuju Kedaulatan Bahan Bakar Ramah Lingkungan (Renewable Recoures)”, “Inovasi Mymika (Siomay Jerami Nangka) Sebagai Upaya Mengangkat Potensi Limbah Jerami Nangka Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Berwawasan Pengelolaan Limbah Lingkungan”, “Pemanfaatan Limbah Jerami Nangka Sebagai Bromina (Brownies Jerami Nangka) Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat Dalam Menghadapi Persaingan Global”, “Diversifikasi Pangan Melalui Inovasi Tiramika (Tiwul Jerami Nangka) Sebagai Upaya Mengangkat Potensi Jerami Nangka Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Menuju Kedaulatan Pangan” dan satu Karya Tulis dari MAN 1 Sleman yakni dengan “Kerupuk Kulit Bawang Merah (Kubame) serta satu Karya Tulis dari SMA N 1 Tempel yaitu Efektivitas Kombinasi Ekstrak Biji Alpukat (Persea Americana Mill) Danekstrak Teh Hijau (Cameliia Sinesis L) Sebagai Anti Kolesterol”.

Registrasi finalis seleksi karya tulis dimulai pukul 07:00 WIB. Finalis datang dengan membawa presentasi dan alat peraga. Pukul 08:30 WIB dilaksanakan pembukaan. Acara seleksi presentasi karya finalis Lomba Ide Kreatif dibuka oleh Dr. Yuni Kusmiyati, SST, MPH sebagai Pembina UKM Riset sekaligus perwakilan dari Direktorat yang berhalangan hadir.

Selanjutnya dimulai dengan presentasi karya tulis ilmiah yang pertama yaitu dari SMK SMTI Yogyakarta dengan 4 judul karya yaitu Efektivitas Biopestisida Daun Ketapang Untuk Mengendalikan Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Sawi, Pemanfaatan Limbah Jerami Nangka Sebagai Bromina (Brownies Jerami Nangka) Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat Dalam Menghadapi Persaingan Global, Diversifikasi Pangan Melalui Inovasi Tiramika (Tiwul Jerami Nangka) Sebagai Upaya Mengangkat Potensi Jerami Nangka Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Menuju Kedaulatan Pangan, Inovasi Mymika (Siomay Jerami Nangka) Sebagai Upaya Mengangkat Potensi Limbah Jerami Nangka Untuk Mendukung Ketahanan Pangan Berwawasan Pengelolaan Limbah Lingkungan dan 1 presentasi dari MAN 1 Sleman dengan judul Kerupuk Kulit Bawang Merah (Kubame) serta presentasi dari SMA N 1 Tempel dengan judul Efektivitas Kombinasi Ekstrak Biji Alpukat (Persea Americana Mill) Danekstrak Teh Hijau (Cameliia Sinesis L) Sebagai Anti Kolesterol. Presentasi dilakukan selama 10 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab.

Usai penyampaian 6 presentasi karya tulis ilmiah Lomba Ide kreatif Siswa 2019 dilanjutkan dengan acara ISHOMA. Selanjutnya presentasi ketujuh karya dari SMK SMTI Yogyakarta yaitu Inovasi Pengembangan Limbah Ampas Kelapa Dan Cangkang Melinjo Menjadi Briket Dua Massa Paijo (Ampas Kelapa Dan Cangkang Melinjo) Untuk Menciptakan Nilai Ekonomis Menuju Kedaulatan Bahan Bakar Ramah Lingkungan (Renewable Recoures). Presentasi karya tulis ilmiah terakhir adalah dari SMK SMTI Yogyakarta dengan judul karya tulis Pengembangan Dokute (Donat Limbah Kulit Tauge) Inovasi Olahan Donat Berbasis Divertifikasi Limbah Untuk Menunjang Kegiatan Ekonomi Kreatif.

Dan dilanjutkan dengan diskusi para juri untuk menentukan hasil pemenang kemudian penyerahan plakat oleh panitia kepada juri Lomba Ide Kreatif Siswa 2019 sebagai tanda ucapan terimakasih.

Selanjutnya adalah sesi pengumuman pemenang Lomba Ide Kreatif Siswa 2019. Hasil dari penilaian juri diperoleh karya tulis yang menjadapat gelar sebagai Juara I yaitu SMK SMTI dengan judul Efektivitas Biopestisida Daun Ketapang Untuk Mengendalikan Hama Ulat Grayak Pada Tanaman Sawi. Kemudian gelar Juara II  yaitu SMK SMTI dengan judul Inovasi Pengembangan Limbah Ampas Kelapa Dan Cangkang Melinjo Menjadi Briket Dua Massa Paijo (Ampas Kelapa Dan Cangkang Melinjo) Untuk Menciptakan Nilai Ekonomis Menuju Kedaulatan Bahan Bakar Ramah Lingkungan (Renewable Recoures). Sedangkan Juara III yaitu SMK SMTI dengan judul Pemanfaatan Limbah Jerami Nangka Sebagai Bromina (Brownies Jerami Nangka) Untuk Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat Dalam Menghadapi Persaingan Global. Untuk Harapan 1 dan Harapan 2 yaitu MAN 1 Sleman dengan judul Kerupuk Kulit Bawang Merah (Kubame) dan SMA N 1 Tempel dengan judul Efektivitas Kombinasi Ekstrak Biji Alpukat (Persea Americana Mill) Danekstrak Teh Hijau (Cameliia Sinesis L) Sebagai Anti Kolesterol.

Lomba Ide Kreatif Siswa 2019 ditutup dengan penyerahan hadiah Juara I, Juara II, Juara III, Juara Harapan I dan Juara Harapan II. Seleksi presentasi finalis Lomba Ide Kreatif Siswa 2019 selesai pada pukul 15.00 WIB.

*****