Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) Angkatan XIV Mahasiswa Pecinta Alam POLKESYO 2019

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Angkatan XIV Mahasiswa Pecinta Alam Poltekkes kemenkes Yogyakarta (MAPAPY) dilaksanakan setiap Sabtu-Minggu selama 4 minggu berturut-turut. Kegiatan dilaksanakan di tempat yang berbeda-beda setiap minggunya. DIKLATSAR diikuti oleh mahasiswa baru yang telah mendaftarkan diri dengan mengumpulkan formulir terlebih dahulu.

Kegiatan dimulai sejak hari Sabtu – Minggu, 24 – 25 Agustus 2019, dilaksanakan di Kampus Pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan diklatsar pertama adalah materi ruang pada hari Sabtu dan simulasi pada hari Minggunya. Kompetensi dari materi ruang ini agar peserta mendapatkan mengetahuan dasar tentang gunung hutan dan PPGD, serta mampu mengaplikasikan terori yang telah diberikan.

Kegiatan minggu kedua pada Minggu, 1 September 2019 bertempat di Taman Batu Gua Sikantong. Kegiatan yang dilakukan adalah repling yang diikuti oleh seluruh peserta. Kegiatan dilaksanakan dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Kegiatan minggu ketiga dilaksanakan pada Sabtu – Minggu, 7 – 8 September 2019 di Gunung Kucir, Kulon Progo. Kegiatan yang dilakukan antara lain long march, bersih jalan, dan camp di Gunung Kucir. Kegiatan dimulai pada sabtu pukul 07.00 WIB dan berakhir pada hari Minggu pukul 09.00 WIB.

Kegiatan minggu ketiga merupakan penutupan dari serangkaian diklatsar. Kegiatan ini dilaksanakan sejak hari Jumat – Minggu, 13 – 14 September 2019. Kegiatan ini bertempat di Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, Deles Indah, Klaten. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya penerapan materi survival, IMPK dan PPGD. Pada hari Minggu, 14 September 2019 pukul 00.00 WIB dilakukan pelantikan 13 anggota baru angkatan XIV MAPAPY yang dilantik langsung oleh Bapak Achmad Husein, SKM, M.Pd dan Bapak Budhy Ermawan, S.Kp., M.Sc selaku pembina MAPAPY.

Serangkaian diklatsar yang telah dilaksanakan bermaksud untuk melatih fisik, mental, rasa kekeluargaan dan kebanggan menjadi bagian dari keluarga MAPAPY.

*****