Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Periode 2020

Pada Senin Pon, 30 September 2019 telah dilaksanakan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BLM di Auditorium Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Badan Legislatif Mahasiswa, khususnya Komisi C yang membidangi demokrasi. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan yaitu Bapak Joko Susilo, MKS, M.Kes., Bapak Yanuar Amin, SST, SH, MH. Kes., Ibu Dr. Yuni Kusmiyati, SST., M.Ph., Bapak Drs. Hariya Kunjana, Ibu Niken Meilani, S.SiT., M.Kes, Ibu Nanik Setiyawati, S.ST., M.Kes, dan Ibu Anita Rahmawati, S.SiT., M.PH serta perwakilan masing-masing Ormawa, UKM, dan kelas.

Registrasi dimulai pukul 13.00-14.04 WIB. Sekretaris yang bertugas pada kegiatan ini adalah Salsabila Fasya Izza dan Ridzka Safitri. Memasuki praacara, diisi oleh penampilan seni dari Hani Setyoningsih pukul 14.04–14.14 WIB, dilanjutkan safety briefing pukul 14.14-14.19 WIB, pembukaan acara pukul 14.19-14.29 WIB yang terdiri dari pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan visi misi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Pukul 14.29-14.34 WIB dilanjutkan dengan laporan ketua acara oleh Saudari Wulan Pina Fariria.

Pada pukul 14.34-14.47 WIB dilaksanakan sambutan direktur sekaligus untuk membuka kegiatan ini secara resmi oleh Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes. Dalam salah satu sambutannya, beliau berkata bahwa terdapat unsur strategis sebagai wadah untuk mengaktualisasikan diri untuk menjadi pemimpin di kampus Polkesyo ke depannya, pemimpin dapat dicerminkan dari keberanian untuk berbuat benar dan berkata jujur dalam setiap langkah dan janjinya. Semoga organisasi yang ada memliki prioritas utama, bukan sebagai sampingan namun sebagai penyemangat. Beliau juga memberikan informasi tentang perkembangan kampus bahwa terdapat penambahan UKM Budaya dan IT supaya mahasiswa memiliki skill untuk lebih mendalami dan tertata dibidang tersebut. Pesan beliau, jadilah yang terbaik  dan terhebat bersama-sama dengan orang lain!

Kemudian dilanjutkan pembacaan curriculum vitae calon ketua dan wakil ketua BLM periode 2020 oleh Moderator Soleh Aldhiyanto pukul 14.48-15.00 WIB dan pada pukul 15.00-15.25 WIB dilanjukan sesi break untuk melaksanakan salat ashar berjamaah.

Kegiatan Sesi I yakni Pemaparan dan Pendalaman Visi Misi dimulai pada pukul 15.25 WIB, dilanjutkan Sesi II yakni Pendalaman Visi Misi oleh Moderator, Sesi III yakni Pertanyaan Wajib, Sesi IV yakni pertanyaan antar kandidat, dan diakhiri Sesi V yakni Pertanyaan Audience pada 17.08 WIB. Kegiatan closing statement dilaksanakan pada pukul 17.08-17.15 WIB. Penyampaian tim sukses dari masing-masing calon ketua dan wakil ketua BLM pada pukul 17.15-17.31 WIB. Pada pukul 17.31-17.41 dilaksanakan pembacaan Surat Pernyataan Sikap Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Terkait Gerakan Penolakan Mahasiswa Terhadap Pengesahan RKUHP, Revisi UU KPK, dan RUU Ketenagakerjaan. Kemudian dilaksanakan kegiatan pencoblosan pada pukul 17.41-18.00 WIB, mengamankan kotak suara, dilanjutkan sesi break untuk melaksanakan salah magrib berjamaah hingga pukul 18.15 WIB.

Penghitungan suara hasil pemilihan ketua dan wakil ketua BLM dilaksanakan pada pukul 18.15-18.27 WIB dan diperoleh hasil Saudari Mella Handayani sebagai Ketua BLM periode 2020 dan Saudara M. Ramadhan Faturrochman sebagai Wakil Ketua BLM periode 2020. Dilanjutkan penandatanganan berita acara pemilihan ketua dan wakil ketua BLM periode 2020 pada pukul 18.30 WIB. Kegiatan diakhiri dengan penutup dan melaksanakan foto bersama.

Alhamdulillah, pada pukul 18.40 WIB kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2020 berjalan dengan lancar. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, pengurus yang terpilih dapat memainkan perannya sebagai seorang mahasiswa yang “the creative minority” dan “agent of change”, menjadikan kehidupan kampus menjadi lebih baik lagi demi kemajuan Polkesyo yang Unggul, Berbudaya, Mendunia.

*****