Penyuluhan Pencegahan Demam Berdarah dengan 3M PLUS dalam rangka Hari Kesehatan Lingkungan 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan

Sabtu Legi, 28 September 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan mengadakan peringatan Hari Kesehatan Lingkungan dengan melakukan penyuluhan yang membahas mengenai Pencegahan Demam Berdarah dengan 3M Plus (Menguras, Mengubur, Mendaur Ulang) yang bertujuan untuk mengedukasi kepada anak-anak panti sejak dini. Kegiatan ini diadakan di Panti Asuhan Al-Hikmah, Plupuh RT 03 RW 30, Wukirsari, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 WIB diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh MC, dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia, sambutan Koor. Kemahasiswaan Sarjana Terapan Sanitasi Lingkungan oleh Ibu Rizki Amalia, SKM., M.Kes.(Epid) dan sambutan Kepala Pengelola Panti Asuhan Al-Hikmah oleh bapak Drs H. Suharno MSI.

Acara selanjutnya adalah penyuluhan materi Pencegahan Demam Berdarah dengan 3M Plus sekaligus sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Arum Tis Anata. Dalam materi tersebut kita memberikan arahan kepada anak-anak panti yang dimulai dari hal kecil, contohnya menguras bak mandi minimal satu minggu 2 kali, tidak menggantung baju sembarangan, menutup tempat-tempat yang menjadi wadah genangan air. Setelah pemaparan materi dan tanya jawab selesai, dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan berupa tanaman anti nyamuk sebanyak 4 buah tanaman dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan kepada pihak Pengelola Panti Asuhan Al-Hikmah. Yang bertujuan supaya dapat mengurangi berkembangbiaknya nyamuk di Panti Asuhan sekaligus mencegah penyakit Demam Berdarah.

Dan acara terakhir adalah penutupan yang dipimpin oleh MC yaitu saudara Said Naufan Huda sekaligus sesi foto bersama anak-anak dan pengelola Panti Asuhan Al-Hikmah.

*****