Forum Komunikasi Mahasiswa II tahun 2019

Pada Kamis Kliwon, 12 September 2019 telah dilaksanakan kegiatan Forum Komunikasi Mahasiswa II tahun 2019 di Auditorium Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan, diantaranya Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes., Bapak Yanuar Amin, SST, SH, MH.Kes., Ibu Eko Suryani, S.Pd., Ibu Astuti Dwi Ernaningsih, Amd., Bapak Trubus Basuki, Amd., Ibu Dr. Yuni Kusmiyati, S.ST., M.Ph., Ibu Nanik Setyawati, S.SiT., M.Kes., Ibu Anita Rahmawati, S.SiT., M.Ph., Bapak Budi Martono, S.Pd, M.Sc., serta perwakilan masing-masing ormawa dan UKM.

Registrasi dimulai pukul 13.00-14.00 WIB. Sebelum memulai acara terlebih dahulu ditampilkan video safety briefing Jurusan Kebidanan. Acara dibuka pada pukul 14.00 WIB dengan penampilan dari Aty Setyanti mahasiswi Jurusan Kebidanan, Juara Satu Duta Kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan yang terdiri dari pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan pembacaan visi misi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Pukul 14.26 – 14.30 WIB dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh saudara Rezha Andra Dwiky Ramadhan. Pada pukul 14.30 – 14.45 dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka kegiatan Forum Komunikasi Mahasiswa II tahun 2019 secara resmi oleh Bapak Dr. Iswanto, S.Pd, M.Kes. selaku Wakil Direktur III.

Dalam sambutannya, beliau berharap agar mahasiswa dapat menguasai Bahasa Inggris, dan aktif ikut serta dalam lomba-lomba baik nasional maupun internasional, dalam rangka mewujudkan POLKESYO yang unggul, berbudaya, mendunia. Dalam perkembangan teknologi yang semakin maju, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta berencana membuka ukm baru yaitu teknologi informasi dan multimedia. Serta untuk mewujudkan poltekkes yang berbudaya, akan dibuka juga UKM Seni dan Budaya Tradisional. Kedepannya diharapkan agar jurusan dan prodi dapat berpartisipasi secara maksimal dalam pelaksanaan Forum Komunikasi Mahasiswa.

Kemudian pada pukul 14.46 WIB dilanjutkan dengan pemaparan singkat oleh moderator saudara Kirana Ketrin mengenai materi yang akan dibahas yaitu struktur organisasi mahasiswa yang mengacu pada Pola Pengembangan Kemahasiswaan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan atau yang biasa disebut dengan Polbangmakes 2016 serta pembahasan buku panduan organisasi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Setelah pemaparan selesai, acara dilanjutkan dengan ishoma dan coffee break hingga pukul 15.27 WIB.

Acara dilanjutkan dengan diskusi mengenai Polbangmakes 2016, diawali dengan tanggapan Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes dimana organisasi kemahasiswaan terutama institusi pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan harus mengacu pada pedoman yang telah ada. Mahasiswa diharapkan dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki dengan mengikuti organisasi dan ukm sesuai minat dan bakatnya, pun sebaliknya ormawa dan ukm sebaiknya juga tidak hanya sekedar melihat kuantitas namun juga dapat memaksimalkan kualitas.

Dalam diskusi Bapak Yanuar Amin, SST, SH, MH.Kes menambahkan, pedoman pengembangan kemahasiswaan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta seharusnya seperti yang sudah ada, agar perjalanan dan pertanggungjawabnnya jelas. Semua pengurus dan anggota harus berjalan secara aktif bersama. Ibu Eko Suryani, S.Pd berpesan agar mahasiswa harus berani melakukan perubahan serta jangan selalu berada pada zona nyaman.

Pembahasan selanjutnya pada pukul 17.00 WIB, yaitu mengenai Buku Panduan Ormawa yang dalam perjalanannya selalu terkendala oleh revisi sedangkan dalam pengerjaannya sudah sesuai buku panduan ormawa sehingga penyelesaian kerangka acuan kerja (KAK) dan laporan pertanggungjawaban (LPJ) tidak sesuai target. Dalam diskusi kali ini Ibu Astuti Dwi Ernaningsih, Amd selaku staff di Jajaran Wakil Direktur 3 memberi tanggapan bahwa ormawa yang mengajukan KAK dan LPJ memang sudah sesuai dengan pedoman dalam hal sistematika ormawa, tetapi dalam hal substansi isi didalamnya tidak sesuai dengan penyelenggaraan acara tersebut. Mahasiswa diharapkan agar tidak selalu copy paste laporan yang telah ada sebelumnya karena dalam hal substansial isi pasti berbeda. Acara diakhiri pada pukul 17.36 dengan sesi foto bersama para narasumber dan peserta Forum Komunikasi Ormawa II 2019.

*****