Study Banding BLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan DPM Poltekkes Kemenkes Surakarta

Sabtu Wage, 26 Oktober 2019 telah dilaksanakan study banding Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan Dewan Perwakilan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Surakarta. Study banding ini merupakan kegiatan pertama bersama para jajaran pengurus BLM periode 2019 dan calon pengurus baru BLM periode 2020 yang dilaksanakan di luar kota. Jumlah peserta dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebanyak 41 mahasiswa, dengan perjalanan ditempuh dengan Kereta Api.

Kunjungan BLM Polkesyo diterima di Kampus II Poltekkes Kemenkes Surakarta dan disambut baik oleh DPM Polkesta pada pukul 08.50 WIB. Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 WIB dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambutan dan pemaparan sistem pemerintahan mahasiswa & pengenalan organisasi kemahasiswaan dibidang legislatif oleh Ketua DPM Polkesta yakni Gufron A. Mufadhol. Kemudian penyampaian sambutan dan pemaparan sistem pemerintahan mahasiswa & pengenalan organisasi kemahasiswaan dibidang legislatif oleh Ketua BLM Polkesyo yakni Abiyyu Naufal Susanto. Pengenalan organisasi kemahasiswaan dibidang legislatif yang disampaikan berupa gambaran umum lembaga legislatif dan dinamika organisasi.

Memasuki sesi diskusi terfokus pada pukul 09.17 WIB, antara BLM Polkesyo dan DPM Polkesta membicarakan tentang program kerja, produk-produk lembaga legislatif, dan mekanisme suatu proses dari kegiatan masing-masing. Dilaksanakan pula pembahasan dengan melakukan saling sharing antar suatu permasalahan yang terjadi. Dari pertemuan dan study banding ini ditemukan beberapa perbedaan dalam mekanisme organisasi, salah satu di antaranya pada kegiatan pemilu raya DPM Polkesta terdapat Banwaslu dan KPU, sedangkan pada pemilu raya BLM Polkesyo terdapat Panpera Pusat. Di samping itu juga terdapat persamaan program kerja, pada DPM Polkesta mengadakan kegiatan Direktur Menyapa sedangkan BLM Polkesyo mengadakan kegiatan Secangkir Teh Bersama Direktur.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Surakarta pada pukul 13.10 WIB. Pembahasan pada pertemuan di antara kedua belah pihak berjalan baik dan seluruh anggota yang hadir merasa antuasias mengikuti kegiatan study banding ini. Semoga adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan, memberikan inspirasi, dan menjalin hubungan baik antara lembaga legislatif mahasiswa. Berdaya Bersama, Viva Legislativa!

*****