Peneriman Tamu Racana Haryo Purboyo & Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Sleman Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Selasa Pahing, 23 November 2019 dilaksanakan Peneriman Tamu Racana di Kampus I dan di dusun sekitar Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan baik dari internal maupun eksternal Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan peserta penerimaan tamu racana dari mahasiswa tingkat I. Penerimaan Tamu Racana (PTR) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya yang bertujuan untuk menyambut dan menerima secara resmi mahasiswa baru sebagai Tamu Racana di Racana Haryo Purboyo & Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Sleman Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Dalam PTR ini mahasiswa dibagi menjadi 80 reka, dimana setiap reka terdiri dari 8-9 orang.

Acara diawali dengan Upacara Pembuka pada pukul 07.35 WIB yang dibuka secara resmi oleh Dr. Iswanto,SPd,M.Kes selaku Wakil Direktur III. Dalam upacara pembukaan dilaksanakan Adat Buka Racana oleh Kak Sidiq dan Kak Septi selaku Pemangku Adat Dewan Racana Haryo Purboyo dan Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kegiatan travelling dan penyampaian materi kepramukaan dibagi dalam dua kloter. Pada kloter pertama yang dilaksanakan pukul 08.48 – 10.40 WIB, reka 1-40 menerima penyampaian materi di Gedung Biru Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sedangkan reka 41-80 melakukan travelling. Pada kloter kedua yang dilaksanakan pukul 10.48 – 12.45 WIB, reka 1-40 melaksanakan kegiatan travelling dan reka 41-80 menerima penyampaian materi. Materi kepramukaan yang diberikan mengenai “Pola Mekanisme Pembinaan Pramuka Pandega” yang disampaikan oleh Kak Bambang Pamungkas dan “Pengenalan Krida SBH” oleh Kak Drh. Idi Setyobroto, M.Kes.

Dalam kegiatan travelling, anggota racana baru menyusuri lingkungan sekitar Kampus I Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dibagi menjadi 2 jalur. Dalam setiap jalur terdapat 3 pos dimana dalam setiap pos terdapat permainan yang mampu mengasah kekompakan, kerja sama, kedisiplinan, dan pengetahuan anggota racana baru.

Upacara penutupan dilaksanakan pukul 13.05 WIB yang ditutup secara resmi oleh Kak Drh. Idi Setyobroto, M.Kes selaku pembina UKM Saka Bakti Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan Penerimaan Tamu Racana telah terlaksana dengan lancar. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi semangat untuk anggota racana Saka Bakti Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta agar dapat melaksanakan kegiatan kepramukaan selanjutnya. Salam Pramuka!

*****