MUSYAWARAH BESAR ORGANISASI MAHASISWA 2020

Sabtu Pon, 22 Februari 2020 – Minggu Wage, 23 Februari 2020 telah dilaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) Organisasi Mahasiswa di Auditorium Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Mubes adalah salah satu program kerja Badan Legislatif Mahasiswa yang dilaksanakan satu kali dalam setahun. Mubes tahun 2020 diketuai oleh Amalina Firdaus dengan dihadiri oleh 123 peserta dihari pertama dan. Mubes pada hari Sabtu Pon, 22 Februari 2020 dibuka pada pukul 07.13 WIB yang dipandu oleh Saudari Sadida. Selanjutnya dilakukan pembacaan doa lalu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Musyawarah Besar 2020 oleh Saudari Amalina Firdaus dan dilanjutkan sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang pada kesempatan kali ini diwakilkan oleh Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Bapak Dr. Iswanto, SKM., M.Kes sekaligus membuka acara.

Sebelum dimulai pembahasan AD/ART dilakukan pembacaan hasil Forum Komunikasi II (Forkom) tahun 2019 oleh saudara Rezha Andra. Dilanjutkan dengan pembahasan pertama yaitu Tata Tertib Sidang oleh Dewan Presidium I, II, III sementara dan Redaktur. Acara dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART Badan Legislatif Mahasiswa yang menghasilkan beberapa perubahan, salah satunya adalah pembaharuan visi dan misi Badan Legislatif Mahasiswa. Selanjutnya dilakukan pembahasan AD/ART Badan Eksekutif Mahasiswa dengan salah satu perubahan yaitu tentang keanggotaan dan kepengurusan.  Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan AD/ART Himpunan Mahasiswa Jurusan yang kemudian dilakukan pending untuk dilanjutkan hari kedua, yaitu pada Minggu Wage, 23 Februari 2020, pukul 07.24 WIB dan menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya adalah perubahan arti lambang HMJ Kebidanan. Setelah itu, dilakukan pembahasan AD/ART Himpunan Mahasiswa Program Studi dan menghasilkan beberapa perubahan, salah satunya adalah perubahan identitas organisasi seperti nama jurusan yang disesuaikan dengan SK pelantikan direktur 2020. Selanjutnya, dilanjutkan dengan pembahasan Undang-undang Pemilihan Umum Raya Mahasiswa (Pemira) dan menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya adalah penambahan tahapan seleksi BEM berupa tes wawancara. Setelah pembahasan UU Pemira, dilanjutkan dengan pembahasan Penatalaksanaan Pemira dan menghasilkan beberapa keputusan, salah satunya adalah penambahan tata cara pemungutan suara pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BLM, BEM, dan HMJ dilakukan secara online dan/atau offline.

Setelah dilaksanakan pembahasan AD/ART dan UU Pemira dan Penatalaksanaan Pemira, dilakukan penandatanganan lembar pengesahan AD/ART BLM, BEM, HMJ, HMPS, dan UU Pemira serta penatalaksanaan Pemira oleh ketua acara, Ketua Badan Legislatif Mahasiswa, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Presidium, Saksi, dan Direktur atau yang diwakili oleh Ibu Eko Suryani S.Pd., S. Kep, MA. selaku Koordinator Kemahasiswaan dan Alumni Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Seluruh AD/ART yang telah disahkan pada Musyawarah Besar digunakan sebagai acuan kerja Organisasi Mahasiswa pada 1 tahun periode yang akan berlangsung. Acara selanjutnya yaitu penyampaian Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang isi SOP itu sendiri, yaitu uraian prosedur, bagan alir dan Kerangka Acuan Kegiatan oleh komisi A. Badan Legislatif Mahasiswa yang selanjutnya ditutup dengan sesi foto bersama. Semoga dengan dilaksanakan Musyawarah Besar tahun 2020 seluruh AD/ART Organisasi Mahasiswa dapat menjadi landasan operasional yang baik dalam menjalankan tugas Organisasi Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.