Webinar Nasional HMPS Kebidanan bertemakan Optimalisasi Kesehatan pada Ibu dan  Anak di Era New Normal Life

     Salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Prodi Studi D3 dan STr Kebidanan adalah mengadakan seminar regional. Namun mengingat adanya kejadian luar biasa berupa COVID 19 yang masih ada di Indonesia mau tidak mau segala kegiatan yang menyangkut orang banyak untuk berkumpul tidak diperkenankan, salah satunya seminar. Namun, anggota HMPS Kebidanan tidak menyerah dan tetap melaksanakan seminar secara online atau yang dikenal Webinar. Dengan proses yang panjang akhirnya tesepakati webinar ini bersifat nasional dan gratis serta tema yang diangkat tentunya berkaitan dengan kondisi saat ini. Webinar ini bertemakan Optimalisasi Kesehatan pada Ibu dan Anak di Era New Normal Life.

      Hari-H Webinar dilaksanakan di Kampus Pusat Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Panitia/mahasiswa yang bertempat tinggal di derah Yogyakarta wajib untuk hadir di Kampus pusat dan bagi mahasiswa di luar daerah Jogja juga dapat ikut memantau jalannya Webinar melalui aplikasi. Panitia operator, karyawan Poltekkes pusat, dan dosen yang terlibat dalam susunan acara berada di ruangan Gauda III di Kampus pusat. Sedangkan narasumber yang di daerah Jogja juga dapat hadir di ruangan Garuda III untuk ikut memantau jalannya acara.

      Panitia yang hadir di kampus pusat sudah datang sebelum pukul 08.00 WIB, kemudian panitia yang diluar Jogjapun ikut memantau dengan memasuki room Zoom terlebih dahulu dan menunggu narasumber. Setelah panitia dan narasumber sudah masuk semua di aplikasi Zoom, maka link Zoom di sebarkan melalui grup Whats App dan Telegram agar peserta dapat mengikuti Webinar.

      Selama menunggu peserta bertambah, pada jam 08.20 WIB di tayangkan video profil Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan disaat kuota zoom sudah penuh, link Youtube akan dibagikan kepada peserta karena kuota zoom hanya dapat mancakup 1000 peserta. Pada jam 08.40 Bu Niken Meilani selaku MC dan moderator membacakan tata tertib kepada para peserta kemudian diikuti menyanyikan lagu Nasional Indonesia Raya dan Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

      Pada jam 09.05 Bp. Joko Susilo SKM, M. KES memberikan sambutan dari ruangan beliau sendiri dan dialnjutkan Bu Niken Meilani memberi tahu kepada peserta bahwa materi I akan segera dimulai. Sebelum materi I dimulai, Bu Niken M menyampaikan kepada peserta akan dibuka link pertanyaan melalui Gform dan link akan dibagikan mulai pukul 09.20 WIB. Pemaparan materi pertama oleh DR. Dr. Muchlis Achsan Udji Sofro, SpPD, K-PTI, FINASIM dengan judul “OPTIMALISASI KESEHATAN DI MASA NEW NORMAL LIFE”. Beliau menyampaikan materi webinar dengan komunikatif dan menyenangkan sehingga banyak peserta yang kemudian antusias ingin bertanya. Usai materi I selesai Bu Niken M membacakan 3 pertanyaan yang sudah terpilih oleh panitia kemudian dijawab oleh Dr. Muchlis Achsan. Setelah sesi tanya jawab pemateri I selesai, maka Bu Niken mengucapkan teimakasih dan salam perpisahan dengan Dr. Muchlis Achsan yang berada di Semarang.

      Materi II dimulai pukul 09.45 WIB oleh Bu. Heni Puji Wahyuningsih, S. SiT., M.Keb dengan judul “MANAJEMEN KEBIDANAN PADA IBU DI ERA NEW NORMAL LIFE”. Materi yang menarik ini diminati para peserta sehingga banyak yang bertanya, namun karena terbatasmya waktu maka hanya dibuka 3 pertanyaan.

      Pada pukul 10.15 WIB materi III dimulai dengan narasumber Dr. Yuni Kusmiyati, SST, MPH ber judul “DAMPAK DAN MANAJEMEN STRESS PEMBELAJARAN DARING PADA MAHASISWA”. Mahasiswa yang memperhatikan materi ini sangat tertarik dan diambil 3 pertanyaan yang dapat mewakili seluruh pertanyaan peserta pada materi III ini.

      Sebelum materi IV dimulai, Bu Niken Meilani memberitahu kepada peserta bahwa link absensi dan evaluasi akan di share pukul 11.00 WIB dan hanya dapat diakses sampai pukul 13.00 WIB. Materi terakhir atau keempat ini dimulai pukul 10.45 oleh Ana Kurniati, S.ST., M. Keb dengan judul “MANAJEMEN KEBIDANAN PADA ANAK BALITA DI ERA NEW NORMLA LIFE”. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, dan 3 pertanyaan terpilih untuk dijawab oleh beliau.

      Akhir acara ditutup dan diberitahukan kepada peserta bahwa sertifikat akan turun 1-2 hari setelah hari H melalui link yang akan di share di email masing-masing. Bu Niken Meilani menutup acara dengan baik dan Webinar berakhir pukul 12.05 WIB.