Forum Komunikasi Mahasiswa (FORKOM) 2020

Sabtu Pon, 15 Agustus 2020 telah dilaksanakan Forum Komunikasi Mahasiswa (Forkom). Forkom adalah salah satu program kerja dari Badan Legislatif Mahasiswa (BLM), khususnya dari bidang legislasi yaitu Komisi A. Kesempatan Forkom Periode Agustus 2020 dilaksanakan secara online melalui google meet dan kepanitiaan offline dilaksanakan di Ruang Garuda III, Polkesyo. Acara diketuai oleh Saudara M. Jundi Izzuddin, diikuti para Bapak/ Ibu Direktorat Polkesyo dan peserta yang meliputi perwakilan dari Badan Eksekutif Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan, Himpunan Mahasiswa Program Studi, dan perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa. Forkom kali ini mengangkat tema Implementasi Reformasi Pemira dalam Demokrasi di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. BLM mengajak segenap keluarga besar Organisasi Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk berdiskusi guna mengimplementasikan reformasi Pemilu Raya (Pemira) mahasiswa sebagai wujud demokrasi di  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Sekretaris pada kegiatan Forkom 2020 adalah Salsabila Fasya Izza, Rahma Sabila, dan Monica Aprilia. Acara dimulai dengan registrasi peserta pukul 08.45 WIB dan pembukaan dimulai pukul 08.56 WIB yang dipandu oleh Saudari Miftah Imti Sholikhah. Setelah acara dibuka, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars WBK, dan pembacaan visi dan misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kemudian laporan ketua panitia dan penyampaian sambutan oleh Bapak Joko Susilo,SKM,M.Kes selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yang menyampaikan tentang pentingnya calon tenaga kesehatan yang mampu menyelesaikan masalah sesuai dengan keadaan perkembangan zaman.

Selanjutnya acara dialihkan kepada Ssaudari Dwita Ria Syuhada selaku moderator untuk memulai acara inti dimulai dengan pemaparan pelaksanaan Pemira yang telah terlaksana di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang disampaikan oleh Komisi C. Panpera dibagi menjadi dua panitia besar yaitu Panpera Pusat dan Panpera Daerah. Akan tetapi saat Panpera Daerah tetap ada pengawasan dari BLM khususnya Komisi C sebagai koordinator Pemilu Raya Mahasiswa. Diharapkan untuk ke depannya agar Pemilu Raya Mahasiswa dapat berjalan lebih baik dan mendapat antusias tinggi dari seluruh mahasiswa.

Pembahasan selanjutnya yaitu tentang Pemira BLM dan BEM yang telah dilaksanakan. Dapat diambil sisi positif yang dapat dilanjutkan dan yang kurang sesuai dapat kita ubah menjadi lebih baik. Selanjutnya pembahasan mengenai cara meningkatkan euphoria mahasiswa terhadap Pemira di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Beberapa cara yang telah dipaparkan adalah dengan menggencarkan melalui media sosial, melakukan informasi dari jauh-jauh hari agar dapat tersampaikan dengan baik, serta dapat melalui edukasi entertainment.

Selanjutnya pembahasan mengenai pembentukan lembaga independen sebagai Badan Pengawas Pemilu Raya Mahasiswa yang dibentuk oleh Badan Legislatif Mahasiswa sesuai kemampuan mumpuni dibidangnya. Hal ini dapat menjadi wacana yang baik dan bisa dibentuk untuk tahun selanjutnya. Pembahasan selanjutnya mengenai sistem open recruitment (oprec) juga dapat diadakan secara serentak supaya nuansa oprec dan lebih terbuka untuk semua Ormawa, serta pemerataan gender anggota Ormawa.

Acara ini diakhiri dengan closing statement dari Bapak Yanuar Amin,SST.,SH,MH.Kes yaitu bahwa organisasi milik kita bersama, maju mundur Ormawa tergantung para anggota, adanya partisipasi disetiap acara sama dengan kita berkontribusi besar terhadap pengembangan diri kita sendiri. Semakin sering berorganisasi maka soft skill akan makin terasah untuk meraih prestasi. Hal ini menjadi tanggung jawab Ormawa untuk mengembangkan diri masing-masing. Alhamdulillah, pelaksanaan Forkom 2020 berjalan tertib dan ditutup pukul 11.10 WIB oleh MC.