Study Banding BLM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan Dema DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang

Minggu Wage, 16 Agustus 2020 telah dilaksanakan study banding Badan Legislatif Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Polkesyo) dengan Dewan Mahasiswa DIII Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang (Polkesmar). Kegiatan ini merupakan Study banding pertama yang dilaksanakan secara daring dengan metode google meet. Walaupun dilaksanakan secara daring, tidak membuat semangat dari BLM Polkesyo maupun Dema DIII Keperawatan Polkesmar berkurang saat kegiatan berlangsung.

Selaku tuan rumah, BLM Polkesyo menjadi host dalam study banding ini. Sekretaris yang bertugas dalam kegiatan study banding ini adalah Sadida Nurul F. D. dan Salsabila Fasya Izza. Acara dimulai pukul 09.17 WIB yang dipandu oleh Saudari Rahma Sabila. Selanjutnya dilakukan pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan menyanyikan Mars Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan Mars Poltekkes Kemenkes Semarang. Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua BLM Polkesyo yakni Saudari Mella Handayani dan sambutan perwakilan Dema DIII Keperawatan Polkesmar yakni Saudari Nuryatun Rokhimah. Pengenalan organisasi kemahasiswaan disampaikan berupa gambaran umum lembaga legislatif, sistem keorganisasian, penyampaian prestasi akademik dan non akademik, dan cara penyampaian aspirasi.

Sesi diskusi dimulai pukul 09.37 WIB, antara BLM Polkesyo dan Dema DIII Keperawatan Polkesmar membicarakan tentang program kerja, produk-produk lembaga legislatif, dan mekanisme suatu proses dari kegiatan masing-masing. Setelah itu, dilaksanakan pula sesi tanya jawab yang menghasilkan beberapa perbedaan dalam mekanisme organisasi. Salah satu di antaranya pada kegiatan pemilu raya Dema DIII Keperawatan Polkesta terdapat Komisi Penyelenggara Pemira (KPP) dan Badan Pengawasan Pemira (BPP).

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan penutup pada pukul 12.11 WIB. Pembahasan kedua belah pihak berjalan dengan baik dan seluruh anggota yang hadir antusias mengikuti kegiatan study banding ini. Semoga adanya kegiatan ini dapat menambah wawasan, memberikan inspirasi, dan menjalin hubungan baik antara lembaga legislatif mahasiswa walau di tengah keadaan pandemi COVID-19.