Latihan Rutin Dewan Racana Haryo Purboyo & Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2020

Dewan Racana atau bisa disebut dengan pramuka pandega adalah golongan pramuka setelah penegak. Anggota pramuka yang termasuk dalam golongan ini adalah yang berusia dari 21 tahun sampai 25 tahun. Pramuka pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dan dilakukan bersama-sama dengan pramuka penegak. Pembinaan pramuka pandega dilakukan mulai dari tingkat gugus depan dalam satuan yang disebut racana, dan tingkat kwartir dapat mengikuti satuan karya dan dewan kerja Gerakan Pramuka Dewan Racana Haryo Purboyo & Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Sleman Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Serangkaian jenis kegiatan dilakukan untuk mengasah skill kepramukaan fisik dan survival setiap anggotanya. Jenis kegiatan yang diadakan pada Latihan Rutin seperti baris-berbaris dan Pertolongan Pertama Gawat Darurat dan Dapur Umum (PPGD & DU).

Kegiatan Latihan Rutin baris-berbaris dilaksanakan pada hari Sabtu Pahing, 7 Maret 2020 dan berlangsung di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta beserta pelataran sekitar. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Dilanjutkan pukul 12.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Kegiatan Latihan Rutin dihadiri oleh Wakil Direktut III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes, tamu undangan sebagai pembina apel pembukaan serta diikuti oleh 689 mahasiswa aktif tingkat satu.

Latihan Rutin baris-berbaris dilaksanakan sehari dengan membagi dua sesi pada sesi pagi dan sesi siang. Pada sesi pagi latihan rutin baris-berbaris diikuti oleh jurusan keperawatan gigi, kesehatan lingkungan, dan gizi. Pada sesi siang latihan rutin baris-berbaris diikuti oleh jurusan kebidanan, keperawatan dan keperawatan anestesi, serta analis kesehatan. Kegiatan tersebut diisi oleh pemateri dari TNI Kodim 0732 Medari, Sleman, Yogyakarta. Materi yang disampaikan adalah materi gerakan baris-berbaris sesuai PERPANG (Peraturan Panglima TNI) dari materi gerakan dasar, gerakan di tempat, hingga gerakan perubahan posisi. Kegiatan ini dibantu oleh Relawan KSR Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam pelaksanaannya untuk mengantisipasi apabila terdapat anggota yang tumbang ketika latihan berlangsung. Kakak-kakak Dewan Racana Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta juga turut serta membantu dari persiapan, pelaksanaan, hingga kegiatan selesai.

Latihan Rutin Pertolongan Pertama Gawat Darurat dan Dapur Umum (PPGD & DU) yang sebelumnya dijadwalkan pada Sabtu Legi, 21 Maret 2020 dan Minggu Pahing, 22 Maret 2020 tidak dapat terlaksana karena adanya pandemi COVID-19.