Pemilihan Ketua Dan Wakil Ketua Badan Legisatif Mahasiswa POLKESYO 2020

Pada Rabu Kliwon, 16 September 2020 telah dilaksanakan kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BLM yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Google Meeting Room. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari Badan Legislatif Mahasiswa, khususnya Komisi C yang membidangi demokrasi. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tamu undangan yaitu Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes., Bapak Dr. Iswanto, S.Pd, M.kes., Ibu Heni Puji Wahyuningsih, SSiT, M.Kes., Bapak Drs. Hariya Kunjana, Bapak Yanuar Amin, S.ST, MHKes., Ibu Eko Suryani, S.Pd, SKp, MA., Bapak Subrata Tri Widada, SKM, M.Sc., Ibu Dr. Yuni Kusmiyati, SST., M.Ph., Bapak Bondan Palestin, SKM, M.Kep, Sp.Kom., Bapak Suharyono, S.Pd, S.SiT, M.Kes., Bapak Mohamad Mirza Fuzie, SST, M.Kes., Ibu Nugraheni TL, SKM, MPH., Ibu Niken Meilani, S.SiT., M.Kes, Ibu Nanik Setiyawati, S.ST., M.Kes, Ibu Anita Rahmawati, S.SiT., M.PH., Ibu Titik Endarwati, SKM, MPH., dan Bapak Sutrisno, SSiT, M.Kes., serta  perwakilan masing-masing Ormawa, UKM, dan kelas.

Registrasi dimulai pukul 13.45 – 14.08 WIB. Sekretaris yang bertugas pada kegiatan ini adalah Sukma Kumala Dewi, Mella Handayani, dan Kartika Dewi Rahayu. Kegiatan diawali dengan pembukaan pukul 14.10 – 14.22 WIB yang terdiri dari pembacaan doa, menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan mars WBK, dan pembacaan visi misi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta. Pukul 14.23 – 14.27 WIB dilanjutkan dengan laporan ketua acara oleh Saudari Elrifa Luthfia Azzahra.

Pada pukul 14.28 – 14.38 WIB dilaksanakan sambutan direktur sekaligus untuk membuka acara secara resmi, yang diwakili oleh Bapak Dr. Iswanto, S.Pd.,M. Kes selaku Wakil Direktur III. Dalam salah satu sambutannya, beliau mengatakan, “Jangan sampai nama baik BLM tercoreng. Kandidat yang tidak terpilih jangan sampai tidak mendukung kegiatan yang diprogramkan oleh ormawa baik BEM/HMJ/HMPS dan UKM. Karena itu penting sekali bagaimana cara kita menjalankan organisasi sebaik-baiknya. Kalau bisa seluruh civitas Polkesyo apabila ada permasalahan internal didiskusikan. Mahasiswa bisa menyambungkan aspirasi dengan diskusi oleh jajaran, jangan sampai informasi yang belum jelas bisa sampai eksternal. Jangan terpancing pertanyaan yang terkadang membuat kita terpojok yang harus dikatakan baik menjadi tidak baik. jangan ragu untuk menilai Polkesyo sebaik baiknya. Jika ada penilaian eksternal, berilah penilaian terbaik. Ini merupakan acuan Polkesyo untuk maju kedepannya. Semoga pemilihan ini semakin membuat organisais meningkat dan mengharmoniskan organisasi mahasiswa yang lainnya. Jangan sampai mahasiwa Polkesyo sepi prestasi. BLM wajib mengawasi”.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan curriculum vitae calon ketua dan calon wakil ketua BLM periode 2020/2021 oleh Moderator Dwita Ria Syuhada pada pukul 14.42 – 14.49 WIB. Kemudian, pukul 14.49 – 15.24 WIB dilaksanakan sesi istirahat untuk salat Asar.

Kegiatan Sesi I yakni Pemaparan dan Pendalaman Visi Misi kandidat yang dimulai pada pukul 15.27 WIB, dilanjutkan Sesi II yakni Pertanyaan Panelis yang disampaikan oleh moderator, lalu diteruskan Sesi III yakni Pertanyaan antar kandidat, dan diakhiri Sesi IV yakni penyampaian clossing statement masing – masing kandidat dan tim sukses yang berakhir pada pukul 17.00 WIB.

Pada pukul 17.05 – 17.20 WIB dilaksanakan pemilihan melalui sistem e-vote, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan diagram hasil pemungutan suara pada pukul  17.20 – 17.27 WIB dan diperoleh hasil Saudari Sadida Nurul Fajrin Djatmiko sebagai Ketua BLM periode 2020/2021 dan Saudari Febby Oktaviani Putri sebagai Wakil Ketua BLM periode 2020/2021. Acara kemudian diakhiri dengan penutup dan melaksanakan foto bersama.

Alhamdulillah, pada pukul 17.28 WIB kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BLM Periode 2020/2021 berjalan dengan lancar. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, pengurus yang terpilih dapat memainkan perannya sebagai seorang mahasiswa “agent of change”, “social control”, dan “iron stock”, serta mampu menjadikan kehidupan kampus menjadi lebih baik lagi demi kemajuan Polkesyo yang Unggul, Berbudaya, Mendunia.