Penugasan PKKMB Melalui TEJA PROJECT (Poltekkes Jogja Project) Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Sosial Di Tengah Pandemi

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dilaksanakan dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta sebagai sarana untuk mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. PKKMB Poltekkes Kemenkes Yogyakarta tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, selain dilaksanakan pertama kali secara online, juga terdapat hal baru yang menarik yaitu penugasan PKKMB dalam bentuk Teja Project (Poltekkes Jogja Project). Teja Project merupakan salah satu penugasan PKKMB yang diberikan kepada setiap kelompok mahasiswa baru dengan ketentuan tema berkaitan pada kondisi saat ini, yaitu pandemi Covid-19. Saat pandemi, Teja Project lebih ditujukan pada bagaimana mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam membantu penanganan virus corona. Karena pada dasarnya, mahasiswa merupakan agent of change yang harus peka dan tanggap terhadap keadaan, serta mampu memberikan perubahan nyata ke arah yang lebih baik.

Sistem penyelenggaraan Teja Project yaitu mahasiswa baru, dibagi menjadi kelompok kecil sesuai dengan jurusan masing-masing. Teja Project direncanakan pertama kali dengan membuat dan mengumpulkan Term Of Refference (TOR) pada Jumat Wage, 17 Juli 2020 dan direalisasikan maksimal bulan September 2020. Di dalam TOR, setiap kelompok memaparkan gambaran umum, ruang lingkup, dan struktur kegiatan sosial yang akan dijalankan. Setelah TOR terkumpul pada panitia PKKMB, selanjutnya ada pendataan pengumpulan dan dilanjutkan realisasi pada masing-masing kelompok. Untuk mendata realisasi Teja Project, panitia memberikan wadah berupa Google Form yang harus diisi dan didalamnya terdapat hal-hal yang harus dikumpulkan, seperti narasi dan dokumentasi social project tersebut. Proses realisasi juga melibatkan mentor per jurusan sebagai pengawas agar acara berjalan dengan lancar. Maka, sekalipun PKKMB 2020 dilaksanakan secara online kontribusi seluruh panitia PKKMB dalam menyukseskan PKKMB 2020 sangatlah terasa dari awal pembentukan sampai akhir pelaksanaan.

Terdapat berbagai macam tema Teja Project yang menarik, diantaranya yaitu mulai dari Edukasi Protokol Kesehatan di Era New normal, Bakti Sosial sebagai Wadah Kepedulian terhadap Masyarakat Terdampak, Mahasiswa Peduli Masyarakat Sekitar, Pembagian Masker untuk Mendukung Optimalisasi Penerapan Kebiasaan Hidup Baru di Era New Normal dan masih banyak lagi. Contoh aksi realisasi Teja Project di lapangan adalah kegitan bakti sosial melalui aksi pembagian fasilitas kesehatan pelindung diri, seperti makser, handsanitizer  serta pembagian sembako pada masyarakat terdampak dan sebagainya. Selain itu, terdapat pula aksi-aksi pemberian edukasi kepada masyarakat luas mengenai Covid-19 dan pentingnya menjaga diri serta mematuhi protokol kesehatan. Project ini dilakukan dengan cara-cara kreatif seperti pembuatan video yang diupload pada instagram, youtube dan lain sebagainya. Maka, Teja Project bukan hanya dilaksanakan secara online namun juga secara offline dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan wujud nyata partisipasi mahasiswa sebagai agent of change yang mana peranannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas dalam membawa kondisi ke arah yang lebih baik lagi. Dengan adanya Teja Project ini, diharapkan dapat menginspirasi masyarakat luas, khususnya mahasiswa, bahwa manusia harus peka dan bahu membahu mengatasi masalah yang ada. Semoga untuk kedepannya dapat terlaksana kembali kegiatan-kegiatan seperti ini, bukan hanya sekedar penugasan, namun juga memberikan ilmu serta menjadi manfaat bagi lingkungan sekitarnya.