Musyawarah Pandega (MUSDEGA) Dewan Racana Haryo Purboyo & Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2020

Kegiatan MUSDEGA (Musyawarah Pandega) berlangsung pada hari Minggu Wage, 25 Oktober 2020 secara offline dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sekaligus secara online melalui media Google Meet. Kegiatan dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Kegiatan MUSDEGA ini diikuti oleh anggota Dewan Racana periode 2019/2020 dengan 39 orang, anggota Dewan Racana periode 2020/2021 dengan 23 orang, serta tamu undangan dengan 33 orang. Kegiatan MUSDEGA dihadiri langsung secara offline oleh MABIGUS (Majelis Pembimbing Gugus Depan), Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes, sebagai tamu undangan sekaligus memberikan sambutan dalam acara ini. Turut dihadiri secara offline pula tamu undangan yang lain, Kak drh. Idi Setiyobroto, M.Kes selaku pembina Dewan Racana Haryo Purboyo & Nyi Ageng Serang Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta Kak Bambang Pamungkas selaku perwakilan pramuka Sleman. Selain itu, tamu undangan yang lain juga turut serta mengikuti serangkaian acara secara online melalui media Google Meet.

Acara ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka secara khidmat dan tertib, dilanjutkan dengan kegiatan yang sakral bernama adat buka yang dilaksanakan dengan menggunakan keris yang diambil dari pelindung kerisnya diiringi oleh kalimat pembuka serta “satyaku ku darmakan, darmaku kubaktikan” sebagai tanda dibukanya MUSDEGA. Dilanjutkan dengan laporan ketua panitia dan sambutan oleh MABIGUS. Dilanjutkan pada acara inti dengan empat sidang yang dipimpin oleh Dewan Presidium I serta Dewan Presidium II (Notulen), yakni sidang pendahuluan yang menghasilkan pengesahan tata tertib dalam melaksanakan MUSDEGA, sidang terbatas untuk pembagian perkomisi, sidang komisi dengan pembagian komisi menjadi komisi A yang membahas AD/ART, komisi B yang membahas program kerja, dan komisi C yang membahas struktur kepengurusan. Dilanjutkan dengan sidang pleno yang menghasilkan AD/ART Dewan Racana Haryo Purboyo dan Nyi Ageng Serang yang baru, berbagai program kerja yang akan dilaksanakan selama setahun mendatang, serta lahirnya kader kepengurusan baru periode 2020/2021 dengan Kak Heru Ardianto sebagai Pemangku Adat putra dan Kak Sayyidah Fatimah Azzahra sebagai Pemangku Adat Putri serta Kak Athsyan Fadholi sebagai ketua putra dan Kak Ririn Anggraini sebagai ketua putri.