Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan 2020 : Sinergy Of Inter-Professional GIS Based Early Warning System For Stunting

Seminar Nasional yang dilaksanakan Jurusan Kesehatan Lingkungan pada tahun 2020 ini bertema “Sinergy Of Inter-Professional GIS Based Early Warning System For Stunting Prevention In New Normal Era” yang diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2020, dilaksanakan secara online melalui media zoom dan disiarkan langsung pada youtube Himakeslingjogja_Official. Acara ini mendapatkan antusias yang tinggi, sebanyak 847 partisipan bergabung dalam acara ini. Diikuti oleh mahasiswa serta tenaga kesehatan pada bidang jurusan Kesehatan Lingkungan, Bidan, dan juga Gizi. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan, yaitu Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Jajaran Pengelola Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jajaran Pengelola Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi dan Diploma Tiga Sanitasi Lingkungan, serta delegasi dari BLM, BEM, HMJ lain, HMPS Kesehatan Lingkungan, dan UKM Jurnalistik Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara Seminar Nasional tersebut dibuka dengan pembukaan yang disampaikan oleh MC Melati Ayuningtyas, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Olivia Adelina Simarmata, kemudian dilanjutkan dengan sambutan  Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Bapak Joko Susilo, SKM., M.Kes. Acara diawali penampilan tari sebagai persembahan pra acara. Materi pertama disampaikan dari Kementerian Kesehatan RI dengan pembicara Dr. Kirana Pritasari, MQIH (Dirjen Kesehatan Masyarakat, KEMENKES RI) yang pada kegiatan ini diwakilkan kepada Dr. Imran Agus Nurali Sp, KO selaku Direktur Kesehatan Lingkungan Kementrian Kesehatan dan dimoderatori oleh Dr. Agus Kharmayana Rubaya, SKM. MPH. Materi kedua disampaikan oleh HAKLI dengan Pembicara Prof. Dr. H. Arif Sumantri SKM., M.Kes (Ketua Umum PP HAKLI) yang diwakilkan kepada Dr. Heru Subaris Kasjono, S.KM, M.Kes dan dimoderatori oleh Ibu Rizky Amalia, SKM, M.Kes [Epid]. Penyampaian materi ketiga oleh IBI dengan pembicara Ibu Sutarti, S.SiT., MPH (ketua PD IBI) yang dimoderatori oleh Bapak Achmad Husein, SKM, M.Pd. Penyampain materi terakhir oleh PERSAGI dengan  pembicara Bapak M. Primiaji Rialihanto, SST., M. Kes (Tim Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPD PERSAGI DIY) yang juga dimoderatori oleh Bapak Achmad Husein, SKM, M.Pd.