Pelatihan Ketahanan Pangan di Adaptasi Kebiasaan Baru Dewan Racana Haryo Purboyo dan Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Pada era new normal ini, anggota kepramukaan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan keadaan serta berkontribusi aktif dalam pembangunan kembali kehidupan baru. Covid-19 tidak saja membatasi rung gerak masyarakat, tetapi jug memengaruhi kondisi ekonomi yang pada akhirnya mengurangi akses dan kemampuan masyarakat untuk memperoleh pangan yang cukup.

Begitu pula dengan Indonesia saat ini, meski pemerintah sudah memastikan stok sejumlah bahan pangan seperti beras, gula, garam untuk mencukupi kebutuhan, ada faktor lain yang harus di perhatikan yakni distribusi dan daya beli warga sangat memengaruhi aksesibilitasnya. Dampak yang terjadi seperti kenaikan harga pangan di sejumlah daerah dan juga mewaspadai mafia pangan yang menumpuk bahan kebutuhan dasar ini guna menjaga stabilitas harga di tingkat masyarakat atau konsumen dan produsen pangan itu sendiri.

Menyadari hal tersebut, Dewan Racana Haryo Purboyo dan Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta terdorong untuk mengadakan kegiatan Pelatihan Ketahanan Pangan Di Adaptasi Kebiasaan Baru dengan mengusung tema “Ketahanan Pangan”.

Kegiatan Pelatihan Ketahanan Pangan Di Adaptasi Kebiasaan Baru merupakan rangkaian acara sebagai pengganti Kemah Bakti 2020 yang terkendala untuk dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini dibagi menjadi 2 kegiatan yakni kegiatan webinar dan aksi.

Kegiatan Webinar Pelatihan Ketahanan Pangan Di Adaptasi Kebiasaan Baru dilaksanakan pada Minggu Legi, 1 November 2020 bertempat di Auditorium Graha Bina Husada. Kegiatan ini dihadiri secara online melalu aplikasi zoom meeting dan youtube oleh seluruh mahasiswa semester 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, mahasiswa semester 5 yang belum lulus kemah bakti 2019, tamu undangan dan pembina SBH.

Kegiatan Webinar Pelatihan Ketahanan Pangan Di Adaptasi Kebiasaan Baru dimulai pada pukul 08.15 WIB dengan MC Kak Juang dan ditemani oleh moderator yakni kak Pratiwi Faren, kegiatan webinar diisi dengan sambutan-sambutan, sambutan yang pertama diisi oleh Ketua Majelis Gugus Depan 18.001 – 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yakni Kak Joko Susilo, SKM., M.Kes. Dilanjut dengan Sambutan oleh Kak Dr. P.A. Kodrat Pramudho, SKM., M.Kes selaku keynote speaker dari Kwartir Nasional. Kegiatan Webinar juga diisi materi oleh 3 pemateri yang terpercaya yakni materi I tentang Kepramukaan di Era New Normal yang disampaikan oleh Kak Aji Rahmat, materi II tentang Pemaksimalan Bahan Lokal Dalam Ketahanan Pangan di Adaptasi Kebiasaan Baru yang disampaikan oleh salu satu Dosen UGM fakultas Gizi yaitu Ibu Fasty Arum Utami, S.Gz., M.Sc, dan materi III tentang Pembudidayaan Ayam KUB dan Azola yang disampaikan oleh salah satu dosen Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Bapak Handoko Riwidikdo, S.Kp. Kegiatan tersebut terselenggara dengan lancar hingga akhir acara yang ditutup dengan penugasan akhir bagi seluruh peserta webinar.

Kegiatan Aksi Pelatihan Ketahanan Pangan Di Adapatasi Kebiasaan Baru dilaksanakan pada Minggu Pon, 8 November 2020 bertempat di Dusun Pencar, Desa Sindumartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan aksi tersebut diselenggarakan dengan bantuan kerjasama dari pihak karang taruna Dusun Pencar terkait dengan pembudidayaan Ayam KUB, lele dan magot.

Kegiatan Aksi Pelatihan Ketahanan Pangan Di Adaptasi Kebiasaan Baru dihadiri oleh Bapak Suhadi selaku Kalurahan Sindumartani, Bapak Soeharsono selaku Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Yogyakarta, Bapak Iswanto selaku perwakilan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan 18.001 -18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan beberapa warga desa Dusun Pencar. Kegiatan aksi tersebut diawali dengan penandatanganan Mou dan juga diberikan materi terkait pembudidayaan Ayam KUB dan lele yang disampaikan oleh Bapak Handoko Riwidikdo, S.Kp.

Kegiatan Pelatihan Ketahanan Pangan Di Adaptasi Kebiasaan Baru telah dilaksanakan dengan lancar dan ditutup dengan kegiatan evaluasi kegiatan oleh panitia.