Webinar Nasional Keperawatan Anestesiologi 2020 : “Kesiapan Pelayanan Anestesi dan Pendidikan Keperawatan Anestestesiologi di Era New Normal”

Pada tanggal 28 November 2020 telah diselenggarakan webinar nasional  oleh Himpunan Mahasiswa Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi secara online melalui via Zoom Meeting dengan tema “Kesiapan Pelayanan Anestesi dan Pendidikan Keperawatan Anestesiologi di Era New Normal” yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 pagi hingga pukul 12.30 siang. Webinar nasional ini disambut dengan antusias yang tinggi oleh berbagai pihak, baik dari kalangan Mahasiswa maupun dari kalangan Penata Anestesi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah pendaftar yang mengikuti webinar nasional ini sebanyak kurang lebih 543 peserta. Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa bagi Himpunan Mahasiswa Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi.

Kegiatan ini dimulai dengan Pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta Mars IPAI. Dilanjutkan dengan pembacaan laporan kegiatan webinar nasional oleh ketua acara webinar yaitu Ilham Mugni Saputro, kemudian sambutan acara oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Joko Susilo, SKM, M.Kes.

Webinar nasional ini menghadirkan 3 narasumber yang sangat luar biasa antara lain :

  1. Dorce Tandung, M.Si selaku ketua umum DPP IPAI dengan materi “ Kebijakan IPAI dalam Pelayanan dan Praktik Anestesi bagi Penata Anestesi dan Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi”
  2. Pandit Sarosa Hadisayoga, Sp.An (K) selaku dokter anestesi dan pemerhati Pendidikan Keperawatan Anestesiologi dengan materi “Kolaborasi dokter dan Penata Anestesi di Era New Normal”
  3. Catur Budi Susilo, S.Pd, S.Kp, M.Kes selaku ketua prodi sarjana terapan keperawatan anestesiologi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan materi “ Pembelajaran Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi di Era New Normal”

Tidak hanya mendengarkan materi, peserta webinar nasional pun bebas bertanya kepada ketiga narasumber tersebut, tidak sampai disitu saja, tersedia juga doorprize berupa 1 box masker medis untuk 9 pertanyaan terbaik dan 10 pendaftar beruntung. Adapun keuntungan lain yang didapat dari webinar nasional ini adalah ilmu yang bermanfaat dan e-sertifikat yang akan diberikan kepada masing-masing peserta. Keuntungan dari penjualan tiket webinar nasional ini akan diguakan untuk donasi. Di akhir acara, seluruh panitia, peserta, dan narasumber serta beberapa dosen yang ikut hadir melakukan sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi acara ini.