Penerimaan Tamu Racana (PTR) Dewan Racana Haryo Purboyo & Nyi Ageng Serang Gugus Depan 18.001 – 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Tahun 2020

Penerimaan Tamu Racana Dewan Racana Haryo Purboyo dan Nyi Ageng Serang tahun 2021 dilaksanakan pada hari Sabtu Wage, 29 November 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline dengan tetap mengutamanakan protokol kesehatan di Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sekaligus secara online melalui Zoom Meeting dan YouTube SBH Poltekkes Jogja. Kegiatan ini dihadiri secara offline oleh 25 eserta, dimana 25 peserta tersebut merupakan panitia kegiatan Penerimaan Tamu Racana. Penerimaan Tamu Racana yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan YouTube dihadiri oleh 733 peserta tingkat satu dan 60 peserta tingkat dua, sekaligus di ikuti oleh Majelis  Pembimbing Gugus depan, Kak drh. Idi Setiyobroto, M.Kes sebagai pemateri satu, dan Kak Bambang Pamungkas sebagai pemateri dua.

Acara diawali dengan dengan pembacaan tata tertib oleh pembawa acara pada pukul 08.00 – 08.15 WIB, dilanjutkan dengan acara pembukaan serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka. Pada pukul 08.30 -09.00 WIB kegiatan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Bapak Joko Susilo, SKM., M.Kes, yang dalam kesempatan kali ini diwakilkan oleh Bapak drh. Idi Setyobroto, M.Kes, karena Bapak Direktur berhalangan hadir. Kegiatan dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kak Athsyan Fadholi dan pada pukul 09.00 – 09.15 WIB dilaksanakan sambutan, adat buka, dan penyematan tanda peserta yang dilaksanakan oleh Kak Sayyidah Fatimah Azzahra dan Kak Heru Ardianto. Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan anggota Dewan Racana Haryo Purboyo dan Nyi Ageng Serang serta pemaparan terkait pancapaian nilai yang harus dicapai sebagai syarat kelulusan untuk turut serta dalam kegiatan Kemah Bakti (Kebak) yang dipaparkan oleh Kak Ririn Anggraini dan Kak Fadholi.

Kegiatan penyampaian materi kepramukaan disampaikan oleh pemateri satu yaitu Kak drh. Idi Setyobroto, M.Kes. Materi yang disampaikan mengenai Peran Pramuka Dalam Kesehatan Di Era Kebiasaan Baru dan penyampaian materi dua disampaikan oleh Kak Bambang Pamungkas dengan materi yang disampaikan mengenai Dasar-Dasar Kepramukaan. Kegiatan diakhiri dengan dilaksanakannya adat tutup serta pengumuman kepada peserta untuk mengisi link evaluasi sekaligus sesi tanya jawab mengenai penugasan yang harus dikerjakan peserta dalam kegiatan Penerimaan Tamu Racana ini.