Bakti Sosial Peringatan Hari Disabilitas “Disability is not a Deficiency” Himpunan Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi (HMPS STKA)

Kamis Pon, 3 Desember 2020 telah dilaksanakan bakti sosial oleh Himpunan Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi (HMPS STKA) Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Bakti Sosial ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional dengan mengusung tema “Disability is not a Deficiency”. Sasaran bakti sosial adalah 54 siswa SLB Tunas Melati yang beralamat di  Pudak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. HMPS STKA berkerjasama dengan pihak ACT (Aksi Cepat Tanggap) dalam menyelenggarakan baksos kali ini.

Setelah menempuh perjalanan panjang, pada pukul 09.00 WIB akhirnya panitia dan pihak ACT tiba di lokasi. SLB Puspa Melati, sebuah bangunan sekolah yang cukup jauh dari pusat kota, namun sangat berarti bagi anak berkebutuhan khusus di wilayah Kecamatan Tepus untuk mendapatkan layanan dasar yang bisa membantu mendapatkan akses pendidikan. Kedatangan pihak panitia dan tim ACT disambut baik oleh pihak sekolah serta antusias dari para guru.

Acara diawali dengan sambutan dari pihak SLB Puspa Melati, pihak ACT, dan perwakilan panitia. Setelah itu dilakukan penyerahan bantuan berupa sabun cuci tangan dan handsanitizer kepada pihak sekolah lalu dilanjutkan dengan pembagian bantuan berupa paket sembako dan alat tulis ke rumah- rumah siswa SLB Puspa Melati. Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke rumah para siswa cukup jauh dan medannya pun cukup sulit untuk dilewati mobil. Namun, semua itu terbayar oleh sambutan hangat  keluarga dan senyum bahagia para siswa SLB Puspa Indah. Bakti sosial ini diharapkan dapat membantu siswa SLB Puspa Melati.