Open Recruitment dan Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021

Open Recruitment merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk membentuk kepengurusan baru yang mampu membawa perubahan ke arah lebih baik dan melaksanakan pergantian anggota. Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Polyekkes Kemenkes Yogyakarta merupakan salah satu organisasi mahasiswa yang telah melaksanakan Open Recruitment. Kegiatan Open Recruitment dan Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis dilaksanakan secara berangkaian dimulai dari : hari Jumat Legi tanggal 28 Agustus 2020, hari Sabtu Pahing tanggal 29 Agustus 2020, hari Selasa Pahing tanggal 13 Oktober 2020, hari Jumat Kliwon tanggal 16 Oktober 2020 dan hari Kamis Legi tanggal 22 Oktober 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online) melalui media : Google Form, Google Meet dan Zoom Meeting. Kegiatan Open Recruitment ini diikuti oleh mahasiswa aktif Program Studi Diploma III Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan dihadiri oleh staff Jurusan Analis Kesehatan, antara lain : Ibu Anik Nuryati, S.Si.,M.Sc. selaku Kaprodi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis, Ibu Dian Rahayu Perwita Sari, S.Si.,M.Sc. selaku Penanggung Jawab Penjaminan Mutu Jurusan Analis Kesehatan dan Ibu Siti Zainatun Wasilah, S.Si.,M.Sc. selaku Dosen Jurusan Analis Kesehatan.

Alur dari kegiatan Open Recruitment dan Pemilihan Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis adalah sebagai berikut :

  1. Tes Tulis dan Tes Wawancara
  2. Dialog Dosen dengan Calon Ketua dan Wakil Ketua
  3. Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua
  4. Penetapan Hasil Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua

Berdasarkan hasil rangkaian kegiatan tersebut, peserta yang mendaftar sebagai calon pengurus baru sebanyak 8 orang, selanjutnya melalui tes tulis dan tes wawancara peserta yang lolos adalah 5 orang. Peserta yang lolos tes tulis dan wawancara kemudian diseleksi kembali bersama anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis untuk mendapatkan dua kandidat calon ketua dan wakil ketua. Kedua kandidat tersebut adalah Wahyu Wiji Lestari bersama Fadlila Qolbi Nur Azizah sebagai pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 1 dan Qurrotul A’yun Aswati bersama Fenty Dwi Amalia sebagai pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 2. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah pemilu raya yang sebelumnya sudah dilaksanakan debat terbuka. Berdasarkan pemilu raya yang sudah dilaksanakan didapatkan perolahan suara sebagai berikut : pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 1 memperoleh 67 suara dari total 129 suara yang masuk dengan persentase 52 %, sedangkan pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 2 memperoleh 62 suara dari total 129 suara yang masuk dengan persentase 48 %. Maka dapat disimpulkan bahwa pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 1 terpilih sebagai ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis periode 2021.