Pelatihan Kesekretariatan ORMAWA dan UKM POLKESYO 2021

Minggu Pon, 17 Januari 2021 telah dilaksanakan Pelatihan Kesekretariatan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting Room. Pelatihan Kesekretariatan dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Organisasi Mahasiswa (Ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), serta dihadiri oleh tamu undangan yaitu Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Ibu  R R Sri Arini Winarti Rinawati SKM., M.Kep selaku Wakil Direktur II, Bapak Dr Iswanto. S.Pd., M.Kes selaku Wakil Direktur III, Bapak Trubus Basuki, A.Md, selaku karyawan kemahasiswaan bagian keuangan, dan Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Koord. Kemahasiswaan dan Alumni.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dibuka oleh Saudari Novia Safitri selaku MC.  Pembukaan acara diisi dengan kegiatan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Polkesyo, Hymne Polkesyo dan Mars WBK Polkesyo. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Pelatihan Kesekretariatan oleh Saudari Devia Rahma Suparman, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Joko Susilo, SKM., M. Kes yang diwakilkan oleh Bapak Dr Iswanto. S.Pd., M.Kes selaku Wakil Direktur III. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Kesekretariatan ini sangat penting. Dalam pelaksanaan dan pengawasan harus komperasif. Saya mengapresiasi luar biasa tertib dan disiplin dalam membuat KAK. Beliau berharap bahwa mudah – mudahan pembelajaran dan organisasi dapat memperluas wawasan sehingga menjadi lulusan yang berkualitas tidak hanya hardskill tetapi juga soft skill.

Acara inti kegiatan Pelatihan Kesekretariatan  2021 yaitu memperdalam pengertian dan pemahaman kesekretariatan bagi semua sekretaris Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) selama menjadi sekretaris.  Pemaparan Pelatihan Kesekretariatan oleh Ibu Eko Suryani, S.Pd., S.Kep, MA, selaku penyaji materi 1 yang merupakan Koord. Kemahasiswaan dan Alumni, pemaparan selanjutnya oleh Saudari Miftah Imti selaku penyaji materi 2 yang merupakan angggota dari Komisi B Badan Legislatif Mahasiswa. Pembahasan Pelatihan Kesekretariatan membahas lebih lanjut mengenai perihal kesekretariatan seperti Kerangka Acuan Kerja (KAK), Verbal Konsep (VK), surat menyurat, dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ).  Terdapat beberapa diskusi bersama oleh Ibu  R R Sri Arini Winarti Rinawati SKM., M.kep yang merupakan Wakil Direktur II yaitu “apabila menggunakan anggaran DIPA harus diimplementasikan dan dipertanggung jawabkan. Pada tahun ini apabila menggunakan anggaran DIPA dalam kegiatan acara dan tidak melibatkan masyarakat maka tidak dipergunakan uang konsum” tutur beliau, oleh Bapak Trubus Basuki, A.Md yang merupakan selaku karyawan kemahasiswaan bagian keuangan di antaranya yaitu beliau menyampaikan harapan untuk Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yaitu “apabila ada kegiatan diharapkan sesuai dengan RPD yang dibuat. Setiap awal bulan membuat RPD jadi, kalau kegiatan sudah berjalan dana sudah ada” tutur beliau.