Kegiatan Latihan Rutin Gugus Depan Sleman 18.001-18.002 Politeknik Kesehatan Yogyakarta dan Saka Bakti Husada Kwartir Ranting Gamping

Kegiatan Latihan Rutin Saka Bakti Husada atau Larut Krida SBH Kwaran Gamping dan Gugus Depan 18.001 dan 18.002 Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dilaksanakan pada bulan Februari 2021, sebanyak lima kali pelaksanaan. Latihan Rutin Saka Bakti Husada terbagi menjadi enam krida, yaitu Krida Bina Gizi, Krida Bina Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Bina Obat, Krida Bina Lingkungan Sehat, serta Krida Bina PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat). Dalam pelaksanaannya, Latihan Rutin Krida Bina Lingkungan Sehat digabungkan dengan Latihan Rutin Krida Bina PHBS.

Kegiatan Latihan Rutin Krida Saka Bakti Husada Kwaran Gamping dan Gugusdepan Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang dibuka oleh Wakil Direktur III tersebut diselenggarakan secara daring melalui Zoom Meeting dan Youtube Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sasaran Kegiatan Latihan Rutin Krida tersebut adalah mahasiswa tingkat satu sebanyak 820 peserta, terdiri dari Jurusan Analis Kesehatan, Kebidanan, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Keperawatan, dan Gizi.

Latihan Rutin Saka Bakti Husada yang pertama adalah Latihan Rutin Krida Bina Gizi yang dilaksanakan pada hari Sabtu Pon, 6 Februari 2021. Acara ini diawali dengan pembacaan tata tertib oleh pembawa acara, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Iagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka, Sambutan Wadir III, serta pemaparan materi oleh tiga narasumber, yaitu Kakak Slamet Haryanto, S.Gz (Instruktur Saka dari Puskesmas Gamping 1), Kakak drh. Idi Setyobroto, M.Kes (Ka.Saka SBH Kwaran Gamping), serta Kakak Setyowati, SKM, M.Kes, RD. (Instruktur Saka dari Jurusan Gizi)

Latihan Rutin Saka Bakti Husada yang kedua adalah Latihan Rutin Krida Bina Penanggulangan Penyakit yang dilaksanakan pada hari Minggu Wage, 7 Februari 2021. Acara ini diawali dengan pembacaan tata tertib oleh pembawa acara, dan dilanjutkan dengan menyayikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Pramuka, serta pemaparan materi oleh dua narasumber, yaitu Kakak drh. Idi Setiyobroto, M.Kes (Ka.Saka SBH Kwaran Gamping),dan Kakak dr. Fitria Kusuma Dewi (Instruktur Saka dari Puskesmas Gamping 1).

Latihan Rutin Saka Bakti Husada yang ketiga adalah Latihan Rutin Krida Bina Keluarga Sehat akan dilaksanakan pada hari Sabtu Kliwon, 13 Februari 2021. Adapun materi yang akan dibawakan pada Larut Krida Bina Keluarga Sehat adalah Kesehatan Manusia, Kesehatan Kerja, dan Kesehatan Olahraga.

Latihan Rutin Saka Bakti Husada yang keempat adalah Latihan Rutin Krida Bina Obat akan dilaksanakan pada hari Minggu Legi, 14 Februari 2021. Adapun materi yang akan dibawakan pada Larut Krida Bina Obat adalah Cerdas Menggunakan Obat dan Pembinaan Kosmetika, Pembuatan Jamu yang Baik dan Pemanfaatannya serta Pemilahan Pangan Sehat, dan Pecegahan dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya.

Latihan Rutin Saka Bakti Husada yang terakhir adalah Latihan Rutin Krida Bina Lingkungan Sehat dan PHBS akan dilaksanakan pada hari Sabtu Pahing, 20 Februari 2021. Adapun materi yang akan dibawakan pada Larut Krida Bina Lingkungan Sehat dan Krida PHBS adalah PHBS di Rumah Tangga, Sekolah dan Tempat-Tempat Umum, Rumah Sehat dan Tempat-Tempat Umum Sehat, dam Kedaruratan Kesehatan Lingkungan.

Dengan adanya Latihan Rutin Krida Saka Bakti Husada Kwaran Gamping dan Gugus depan Pangkalan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta ini diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyalarta mengenai krida-krida Saka Bakti Husada dan Kepramukaan, selain itu dapat menggali dan mengembangkan potensi, bakat, dan kreatifitas mahasiswa civitas akademika Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. GKN/IS (Polkesyo-SBH Gamping)