Pelatihan Editing Foto dan Video UKM IT

Unit Kegiatan Mahasiswa Teknologi Informasi mengadakan Pelatihan Editing Foto dan Video yang diselenggarakan selama 4 hari. Kegiatan Pelatihan Editing ini menjadi salah satu program kerja dari divisi Multimedia yang ada di UKM IT. Tujuan diadakannya kegiatan pelatihan editing ini adalah untuk menambah berbagai ilmu serta menggali informasi dari berbagai sumber yang dibutuhkan anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Teknologi Informasi  untuk  diterapkan dalam editing foto maupun video agar menghasilkan karya  yang  lebih  baik  lagi  saat  berada  di  Poltekkes  Kemenkes Yogyakarta

Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2021. Acara pembukaan Pelatihan Editing Foto dan Video ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars Polkesyo. Selanjutnya laporan ketua panitia oleh Sefia Tri Rohma. Hari pertama kegiatan dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB – Selesai. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring melalui media Google Meeting dan ruang Garuda III yang diikuti oleh 22 orang yang terdiri dari 17 orang peserta, 1 orang BLM, 1 orang BEM, 1 orang Pembina, 1 orang UKM Jurnalistik dan 1 orang narasumber. Pelatihan hari pertama diisi dengan dua sesi materi yang diisi oleh saudara Ardyan Bagus Pratama. Pada sesi pertama diisi dengan materi Tools Kamera. Materi ini menjadi dasar dalam Fotografi dan Videografi dimana kamera menjadi alat utama. Sehingga, dengan  mengetahui bagian-bagian kamera dapat menunjang kemampuan peserta dalam mengambil foto dan video. Pada sesi kedua peserta mendapatkan materi Editing. Dalam sesi ini peserta diajarkan mengolah foto dan video yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi editor foto dan video. Aplikasi yang digunakan adalah Adobe Premiere.  

Pada hari kedua yakni tanggal 23 Mei 2021, kegiatan pelatihan dilaksanakan di luar kampus Poltekkes Yogyakarta yaitu di Malioboro karena akan diadakan praktik langsung agar peserta pelatihan lebih bisa memahami materi yang disampaikan. Peserta juga dibagi menjadi dua kelompok besar. Pada hari ketiga pelatihan, peserta mendapat kesempatan untuk melaksanakan praktik langsung mengedit foto dan video yang dipandu oleh saudara Ardyan. Peserta diarahkan untuk mencoba mengedit video dengan mengatur alurnya, menambahkan backsound, efek, transisi, dan mencoba tips-tips editing video yang sudah disampaikan oleh narasumber. Pada hari terakhir yakni tanggal 30 Mei 2021, kegiatan dilaksanakan dengan mempresentasikan masing-masing hasil peserta selama tiga hari kegiatan berlangsung, tidak lupa juga dengan narasumber yang memberikan penilaian dan masukan pada setiap karya yang dihasilkan peserta.