Sharing Session Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi, Sarjana Terapan Gizi  dan Dietetika & Pendidikan Profesi Dietesien

Acara Sharing Session merupakan sebuah program kerja  gabungan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Gizi  dan juga Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Gizi  dan Dietetika serta Pendidikan Profesi Dietesien. Kegiatan ini  dilaksanakan guna memberikan pengetahuan mengenai prospek  pekerjaan bagi mahasiswa lulusan jurusan gizi dan wadah untuk berbagi  pengalaman dan pengetahuan dari beberapa alumni jurusan gizi  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Melalui kegiatan ini pula, Himpunan  Mahasiswa Program Studi D III Gizi dan Himpunan Mahasiswa  Program Studi Sarjana Terapan Gizi menjalin silaturahmi dengan  beberapa alumni dari jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.  Kegiatan Sharing Session ini mengusung tema “Membangun Eksistensi  sebagai Ahli Gizi: Kuliah Gizi Mau Kerja Apa?”. Tema tersebut  mengandung makna bahwa seorang mahasiswa gizi memiliki prospek  dunia kerja yang luas dan hampir dibutuhkan pada semua bidang, dan  tidak hanya dapat menjadi seorang ahli gizi dan tenaga kesehatan di  rumah sakit. 

Kegiatan Sharing Session ini merupakan salah satu cara untuk  membuka wawasan para mahasiswa jurusan gizi mengenai prospek 

kerja setelah lulus dari perguruan tinggi. Pada kegiatan ini Himpunan  Mahasiswa Program Studi D III Gizi dan Himpunan Mahasiswa  Program Studi Sarjana Terapan Gizi mengundang narasumber yang  merupakan beberapa alumni jurusan gizi Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta yang kini telah bekerja pada bidang yang berbeda.  

Pembicara 1 menjelaskan dan berbagi tentang pengalaman dari  pembicara 1 yaitu Ibu Dr. Mirza Hapsari S Titi Penggalih, S.Gz., MPH.,  RD yang merupakan Founder FIRST Sports Nutrition dan Dosen Gizi  Kesehatan FKKMK UGM. Beliau merupakan alumni dari Akademi  Gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta pada tahun 1999 – 2002 dengan  jenjang Diploma III. Kemudian pada tahun 2003 – 2005 beliau  melanjutkan pendidikan S1 Gizi Kesehatan UGM dan mendapatkan  gelar S.Gz dan menjadi dosen di FKKMK UGM. Dan pada akhirnya  pada tahun 2014 hingga sekarang beliau menjadi seorang Founder dari  FIRST Sports Nutrition sebagai Sport Dietitien.  

Pembicara 2 menjelaskan dan berbagi mengenai perjalanan dan  pengalaman dari pembicara 2 yaitu Ibu Yunita Ahadti, S.Gz yang  merupakan seorang ahli gizi di RS Otak Pusat Jakarta. Beliau  merupakan alumni dari program studi Diploma III jurusan gizi  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta lulusan tahun 2013. Beliau  memberikan saran bahwa setelah lulus dari Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta ikutilah kegiatan yang diselenggarakan oleh Poltekkes  karena dapat membantu memberikan gambaran mengenai dunia kerja  setelah lulus dari bangku perkuliahan. Dan pada per tanggal 1 maret  2014 beliau bekerja di RS Otak Pusat Jakarta hingga saat ini. Saat ini  aktivitas beliau diantaranya menjadi PNS di RS PON sebagai PKRS,  menjadi Asisten Dosen di salah satu Universitas Swasta di Jakarta, dan aktif di event PERSAGI dan AsDI. 

Pembicara 3 menjelaskan dan berbagi pengalaman serta  memberikan wawasan mengenai nutripreneurship yaitu Ibu Nurul Laila  Azizah, S. Tr. Gz yang merupakan Owner Into Health Catering Diet.  Beliau merupakan alumni dari jurusan gizi Poltekkes Kemenkes  Yogyakarta program studi Diploma III lulusan tahun 2015. Beliau juga 

turut aktif menjadi based team angkatan ke 3 program Nusantara Sehat  di Bone, Sulawesi Selatan. Beliau merintis Catering Into Health pada  tahun 2018 dan melanjutkan pendidikan Diploma IV di Poltekkes  Kemenkes Yogyakarta dan lulus pada tahun 2020. Melalui Nusantara  Sehat beliau terinspirasi untuk menjadi seorang nutripreneurship,  beliau juga berpesan bagi lulusan jurusan gizi yang ingin menjadi  seorang nutripreneur untuk tidak mudah menyerah dan tidak perlu  untuk berkecil hati dengan usaha yang kita rintis. 

Pada kegiatan Sharing Session ini juga terdapat challenge dengan  cara upload story instagram dan pemenang diumumkan pada akhir  acara. Dan berdasarkan penilaian tim panitia didapatkan 3 peserta  terkreatif dan dipilih menjadi pemenang pada challenge tersebut, yaitu: 

  1. @aisyah.agustina 
  2. @ssyifaai 
  3. @ninisarrr 

Lampiran