Open Donasi Erupsi Gunung Semeru Aliansi ORMAWA & UKM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta

Open Donasi Bersama untuk Erupsi Gunung Semeru dilaksanakan mulai Senin Legi – Jumat Legi, 06 – 31 Desember 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara online berupa penyebaran pamflet dalam kurun waktu selama ± 1 bulan. Selain itu, dilakukan Open Donasi secara offline berupa aksi turun ke jalan yang dilaksanakan pada 11 – 25 Desember 2021 yang berlokasi di beberapa titik lampu  merah Kota Yogyakarta yang dilakukan sebanyak ± 4 kali disetiap hari sabtu dan minggu dan dilakukan pengumpulan barang, serta penyaluran hasil Open Donasi.  Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh aliansi Ormawa dan UKM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Sebelum melaksanakan kegiatan penyaluran donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru, mahasiswa dipilih sebanyak 14 orang untuk terjun langsung ke lokasi tersebut dan menjadi perwakilan dari aliansi Ormawa dan UKM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Tidak hanya itu, beberapa dosen ikut serta dalam mengikuti kegiatan penyaluran donasi. Sebelum pelaksanaan mahasiswa melakukan packing serta pembelanjaan barang untuk diserahkan kepada korban erupsi Gunung Semeru yang disalurkan melalui Kantor Kecamatan Pronojiwo dan SDN 04 Supiturang. Kegiatan Penyerahan Open Donasi di Lumajang tidak hanya memberian bantuan berupa dana dan barang melainkan juga tenaga mahasiswa untuk menjaga posko kesehatan yang bertepatan di SDN 04 Supiturang seperti assesment posko mandiri, distribusi barang, penjagaan dapur umum, dan kegiatan Psikososial Support Program bagi anak korban yang terdampak Erupsi Gunung Semeru. 

Dalam kegiatan Open Donasi Erupsi Gunung semeru diharapkan dapat sebagai patokan utama serta menjadi ajang mahasiswa untuk menumbuhkan rasa sosial dan kemanusiaan untuk bencana-bencana yang akan datang nantinya.