Webinar Nasional Keperawatan Anestesiologi Hmps STKA 2021/2022

Pada tanggal 19 Maret 2022 telah diselenggarakan Webinar Nasional Keperawatan Anestesiologi oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi (HMPS STKA) secara virtual melalui Zoom Meeting dengan tema “Peran Organisasi Profesi Anestesi Dalam Meningkatkan SDM Serta Pendidikan Penata Anestesi Indonesia Menuju Keselamatan Pasien” yang dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB-selesai. Acara webinar ini disambut dengan antusias oleh para mahasiswa Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi dan Penata Anestesi yang ada di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah pendaftar yang mengikuti webinar ini sebanyak kurang lebih 455 peserta. Selain dihadiri oleh para peserta, Webinar Nasional Keperawatan Anestesiologi juga mengundang seluruh dosen jurusan keperawatan dan delegasi dari organisasi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IPAI. Dilanjutkan dengan pembacaan laporan kegiatan webinar oleh ketua acara yaitu Rhesna Indra Gunawan, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yaitu Dr. Heni Puji Wahyuningsih, S.Si.T. M.Keb.

Acara ini menghadirkan 3 pemateri yang sangat luar biasa dan memiliki segudang prestasi juga pengalaman dalam bidangnya masing-masing, antara lain:

  1. Dra.Dorce Tandung, M.SI yaitu Ketua Umum DPP IPAI yang membawakan materi “Peningkatan Kompetensi Penata Anestesi”
  2. dr.Pandit Sarosa Hadisayoga,Sp.An yaitu Dokter Anestesi dan Pemerhati Pendidikan Keperawatan Anestesiologi dengan materi “Peran Penata Anestesi Dalam Penatalaksanaan Tindakan ERAS”
  3. Bondan Palestin, SKM.,M.Kep,Sp.Kom yaitu Ketua Jurusan Keperawatan Anestesiologi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan materi “Sejarah dan Kependidikan Keperawatan Anestesiologi di Indonesia”

Selama kegiatan berlangsung, tentunya acara ini dimoderatori oleh para moderator yang tak kalah luar biasa, yaitu Alif Achmad Fahrizal, S.Tr.Kep yang merupakan alumni Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan juga oleh Ilham Mugni Saputro yang merupakan mahasiswa Sarjana Terapakan Keperawatan Anestesiologi tingkat 3 serta merupakan ketua HMPS STKA periode 20/21 dan Duta Kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta periode 20/21. 

Tak hanya mendengarkan materi dari ketiga pemateri yang luar biasa, peserta webinar juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi pada sesi tanya jawab bersama para pemateri. Tidak sampai disitu saja, untuk mengapresiasi peserta, panitia acara juga memberikan doorprize kepada delapan peserta yang memberikan pertanyaan terbaik. Selain itu pula, semua peserta yang mengikuti webinar ini akan mendapatkan e-sertifikat. 

Terselenggaranya acara ini diharapkan dapat memberi dampak yang positif berupa wawasan dan gambaran bagi seluruh peserta Webinar Keperawatan Anestesiologi mengenai pelayanan dan pendidikan anestesiologi sesuai dengan kebijakan Ikatan Penata Anestesi Indonesia (IPAI), serta memberi gambaran untuk para mahasiswa ketika terjun ke ranah kerja sebagai Penata Anestesi.