Forum Komunikasi I Mahasiswa 2021 “Organisasi Mahasiswa: Struktur  dan Kepengurusannya”

Jumat Pahing, 12 Maret 2021 telah terselenggara acara Forum Komunikasi I Mahasiswa (Forkom I Mahasiswa) dengan tema “Organisasi Mahasiswa dan Kepengurusannya” yang dilaksanakan secara luring bagi panitia dan daring bagi peserta melalui aplikasi Zoom Meeting Room. Narasumber dalam acara Forkom I Mahasiswa tahun 2021 yaitu Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni dan Feri Dwi Aryanta selaku Koordinator Komisi C BLM. Forkom I Mahasiswa dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan perwakilan kelas, serta dihadiri oleh tamu undangan yaitu jajaran/pengelola kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara dimulai pada pukul 07.45 WIB yang dibuka oleh Saudari Krisyana Susanti Golung selaku MC. Pembukaan acara diisi dengan kegiatan pembacaan doa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars WBK Polkesyo, dan pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Forkom I Mahasiswa oleh Saudara Silvester Aditya, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Joko Susilo, SKM., M. Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “Mahasiswa harus memahami tiga kompetensi yang dikenal dengan tagline 3K (3 Kompetensi Dasar: Profesional, Interprofesional, Digitalisasi). Komptensi dasar tersebut harus didukung oleh tiga kecerdasan yang disebut dengan 3K (3 Kecerdasan: IQ, Softskill/emosional, spiritual), sehingga diharapkan mahasiswa mampu mengemban dengan amanah dengan baik. Mudah-mudahan kegiatan Forkom I menjadi contoh internal untuk ormawa dan UKM, atau bahkan menjadi contoh ektsternal untuk Poltekkes lain. Oleh karena itu, saya usul kepada panitia bahwa sebaiknya terdapat 1 atau 2 perwakilan dari Forkompi yang bisa hadir dalam acara Forkom, sehingga kegiatan Forkom bisa di adopt untuk kegiatan di Poltekkes lain. Semoga Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menjadi institusi yang unggul, berbudaya, mendunia”.

Acara inti kegiatan Forkom I Mahasiswa 2021 yaitu diskusi bersama mengenai Struktur dan Kepengurusan Organisasi Mahasiswa. Acara diskusi dimulai dengan penyampaian pertanyaan yang sudah disiapkan terkait organisasi mahasiswa untuk pemateri pertama yaitu Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA. Terdapat enam pertanyaan seputar struktur organisasi, alokasi dana konsumsi selama daring, sampai periode jabatan mahasiswa dalam organisasi mahasiswa yang ditanggapi pula oleh beberapa jajaran di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, seperti Ibu R. R Sri Arini Winarti Rinawati, SKM., M.Kep, Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes., Bapak Mohammad Mirza Fauzie, SST., M.Kes., dan Bapak Bondan Palestin, SKM., M.Kep., Sp.Kom. Terdapat tiga pertanyaan seputar alur dan tata kelola open recruitment dan keanggotaan mahasiswa dalam organisasi mahasiswa yang ditanyakan kepada Saudara Feri Dwi Aryanta. Serta terdapat dua pertanyaan tambahan seputar skema beasiswa dan jalannya proker organisasi mahasiswa.

Acara diskusi bersama dalam Forum Komunikasi I Mahasiswa berakhir pada pukul 10.45 WIB dan menghasilkan beberapa poin-poin penting jawaban dan kesepakatan bersama. Kesepakatan bersama berupa bagan struktur organisasi baru yang telah dibuat oleh BLM menyesuaikan dengan AD/ART Ormawa Tahun 2021 yang dapat diterapkan mulai periode tahun 2021. Terselenggaranya Forkom I Mahasiswa menjadi sarana mahasiswa menyampaikan aspirasi dan suaranya dengan cara yang baik dan dapat diterima. Pihak jajaran mampu menampung dan menanggapi pertanyaan-pertanyaan mahasiswa, dan mahasiswa mendapatkan jawaban serta klarifikasi secara jelas. Oleh karena itu, forum diskusi seperti Forkom merupakan kegiatan yang patut terus dilaksanakan dan dijadikan contoh bagi ormawa lain, baik internal maupun eksternal sebagai bentuk sharing untuk kemajuan bersama.