PELATIHAN WEBINAR UKM TEKNOLOGI INFORMASI POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA

Pada hari Sabtu Wage, 27 Februari 2021 telah dilaksanakan Pelatihan Webinar oleh UKM Teknologi Informasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.  Acara pembukaan Pelatihan Webinar diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan Mars Polkesyo. Selanjutnya laporan ketua panitia oleh Yulita Indah Tarina menuturkan tujuan dari pelaksanaan Pelatihan Webinar adalah untuk menambah keterampilan dari Anggota UKM Teknologi Informasi. Pelatihan Webinar ini juga bertujuan untuk menambah berbagai ilmu serta menggali informasi dari berbagai sumber yang kedepannya akan dibutuhkan oleh Anggota UKM Teknologi Informasi untuk melaksanakan webinar di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Selanjutnya sambutan Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Yogyakarta oleh Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes. beliau menuturkan semoga dengan terlaksananya acara  Pelatihnan Webinar ini, UKM Teknologi Informasi memiliki keterampilan serta mampu melaksanakannya di sektor lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan secara daring dan luring melalui media Zoom Meeting dan ruang Garuda III yang diikuti oleh 23 orang yang terdiri dari 19 orang peserta, 1 orang BLM, 1orang BEM, 1 orang Pembina, dan 2 orang UKM Jurnalistik yang terdiri dari seluruh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan staff TI Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Materi pertama disampaikan oleh Pembina UKM Teknologi Informasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Bapak Fuad Hasyim, S.Kom mengenai Teknis Setup Camera dan Audio. Beliau menjelaskan mengenai penggunaan aplikasi  Zoom Meeting yang baik dan benar saat melakukan webinar serta menjelaskan penggunaaan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Zoom Meeting. Setelah sesi materi dan penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Fuad Hasyim, S.Kom kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh seluruh peserta yang mengikuti kegiatan. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Novrian Sandro mengenai Pengenalan Software Meeting dan Broadcaster. Beliau menjelaskan bagaimana penggunaan OBS, cara menyambungkan OBS ke webinar melalui Zoom Meeting dan Live Streaming Youtube.  Setelah sesi materi dan penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Novrian sandro kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh seluruh peserta yang mengikuti kegiatan. Seluruh peserta aktif dalam mengajukan pertanyaan mengenai materi-materi yang disampaikan oleh kedua narasumber.