BLM POLKESYO Gelar Secangkir Teh bersama Direktur Periode I

Rabu Pon, 16 Juni 2021 telah terselenggara acara Secangkir Teh I bersama Direktur (SCT I) yang dilaksanakan secara luring bagi panitia dan daring bagi peserta melalui aplikasi Zoom Meeting Room. Beberapa jajaran tingkat direktorat juga menghadiri acara tersebut secara luring langsung ke Auditorium Graha Bina Husada Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan protokol kesehatan yang ketat. Acara SCT I Tahun 2021 ini bernuansa budaya, yang ditunjukan melalui dresscode panitia berupa pakaian tradisional Jawa dan penggunaan trilingual yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jawa. 

Acara SCT I 2021 dihadiri oleh masing-masing perwakilan dari organisasi mahasiswa (ormawa), perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), perwakilan pengurus asrama, hingga perwakilan kelas, baik dari semester II, semester IV, maupun semester VI. Tamu undangan dalam acara SCT I yaitu seluruh jajaran pusat, seperti Bapak Joko Susilo, SKM., M. Kes selaku Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Ibu Heni Puji Wahyuningsih, S.Si.T. M. Keb. selaku Wakil Direktur I, Ibu R.R. Sri Arini Winarti Rinawati, SKM., M. Kep selaku Wakil Direktur II, Bapak Dr. Iswanto. S.Pd., M. Kes selaku Wakil Direktur III, dan seluruh jajaran pengelola tingkat direktorat lain. Tamu undangan juga merupakan pengelola jurusan yaitu Ketua Jurusan, Ketua Prodi, dan Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni Jurusan di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara dimulai pada pukul 08.37 WIB yang dibuka oleh Sdra. Taufik dan Sdri. Afina Hani selaku MC.  Sebelum pembukaan acara, disajikan penampilan dari UKM Tari sebagai Pra Acara SCT I 2021. Pembukaan acara diisi dengan kegiatan pembacaan doa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars dan Hymne Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, serta Mars WBK. Dilanjutkan pula pembacaan Visi Misi Poltekkes KemenkesYogyakarta oleh Sdra. Wahyu. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia SCT I oleh Saudara Muhammad Farhan, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Joko Susilo, SKM., M. Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan, “…… selaku direktur mengucapkan terima kasih dan merasa bangga kepada mahasiswa, di mana dalam situasi di tengah pandemi dan di bawah tekanan psikologis, tetapi masih mampu mengembangkan kompetensi, terutama dalam hal digitalisasi. Mahasiswa sudah memanfaatkan teknologi untuk mengumpulkan dan melaksanakan survey kepuasan mahasiswa. Manfaatkan momentum evaluasi ini sebagai ajang untuk menjadi lebih baik. Sedikit mengulas hasil survey:

  • Presentasi terakhir SP dan P 96,6%. KP dan TP 3,8% harus dijadikan titik fokus evaluasi.
  • Negative respon menurun dari tahun ketahun, rata-rata turun 2 poin.
  • Apabila dibuat rentang skor mandiri mulai 4 3 2 1 (SP P TP STP), maka skor kepuasan tahun ini bisa saya katakan 3,3. Artinya mahasiswa sudah memberikan kontribusi positif.
  • Untuk kondisi negative respon tertinggi yaitu mulai dari komponen pembelajaran (PBM) sebanyak 6,9%. Setelah itu susana akademik 4,3%, ketiga layanan mahasiswa 3,7%, keamanan kampus, dan service excellent 1,7%. 

Rekap kuesioner harus digunakan sebagai evaluasi managemen di tiap-tiap jurusan”.

Acara inti kegiatan SCT I dimulai dengan pembacaan hasil rekapitulasi kuesioner kepuasan mahasiswa periode September 2020 – Maret 2021 oleh Sdri. Febby dan Sdri. Hertami. Dalam pembacaan hasil rekap kuesioner tersebut, disampaikan bahwa data hasil kesioner total berjumlah 2550 data yang diimpor melalui laman SIAKAD mahasiswa, kemudian dikategorikan ke dalam enam (6) dimensi dan dipresentasikan dalam bentuk diagram. Kesimpulan akhir dalam pembacaan hasil rekapitulasi kuesioner tersebut berupa presentasi ketidakpuasan masing-masing dimensi, mulai dari dimensi akademik hingga dimensi layanan mahasiswa. 

Setelah pembacaan hasil rekapitulasi kuesioner kepuasan mahasiswa, dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipandu oleh moderator, Ibu Almira Sitasari, MPH yang merupakan Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni Jurusan Gizi. Sesi diskusi tersebut diawali dari penyampaian aspirasi mahasiswa, yaitu dari perwakilan BEM, HMJ, HMPS, UKM, asrama, dan kelas. Dalam sesi diskusi tersebut, mahasiswa dipersilahkan menyampaikan aspirasinya kepada pihak jajaran dan pengelola. Setelah penyampaian aspirasi mahasiswa disampaikan, baru lah pihak jajaran/pengelola yang dituju memberikan feedback atau klarifikasi beserta solusi. Di sela-sela sesi diskusi, salah satu pengelola direktorat yaitu Bapak Margono, S.Pd., APP., M.Sc., selaku Kepala Satuan Pengawas Internal menyampikan bahwa untuk selanjutnya perlu disajikan data berupa matrik pemantauan tindak lanjut aspirasi mahasiswa, di mana dapat diketahui tindak lanjut dan follow up yang dilakukan pihak jajaran/pengelola dalam periode waktu tertentu.

Acara SCT I berakhir pada pukul 11.55 WIB dan menghasilkan suatu kesimpulan dari hasil diskusi yang dibacakan oleh moderator. Kesimpulan dalam diskusi tersebut yaitu:

  1. Empat tahun terakhir, respon negative menurun tetapi harus tetap di follow up dan menjadi catatan.
  2. Layanan IT mengenai SSO akan dikaji lebih lanjut, dan untuk link Zoom akan ditambah 1 (satu) khusus kemahasiswaan.
  3. Sarpras Lab akan diupayakan.
  4. Ruang UKM akan diakomodir dengan catatan mampu menjaga kebersihan dan kerapihannya.
  5. KAK yang urgent akan didahulukan dalam box tersendiri, dengan catatan semua penulisan sesuai aturan.
  6. Mahasiswa diharapkan menggunakan SIAKAD dan perpustakaan secara optimal. 

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi penutupan oleh MC dan diakhiri dengan sesi foto bersama.