RAPAT KERJA III ORGANISASI MAHASISWA 2021

Kamis Wage, 22 Juli 2021 telah dilaksanakan Rapat Kerja III Organisasi Mahasiswa (Raker III Ormawa) secara hybrid yaitu luring untuk panitia dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting Room. Raker III Ormawa dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan perwakilan pengurus asrama, serta dihadiri oleh tamu undangan yaitu Ibu Eko Suryani, S. Pd, S. Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni. Acara Raker III Ormawa perlu dilaksanakan mengingat aktivitas kemahasiswaan selama beberapa waktu terakhir mengalami banyak perubahan, sehingga perlu pula dilakukan koordinasi ulang terkait penyelarasan kegiatan-kegiatan organisasi mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara Raker III Ormawa dimulai pada pukul 13.15 WIB yang dibuka oleh Sdri. Rahma Sabila selaku MC. Acara diawali dengan pembacaan tata tertib dan dilanjutkan dengan kegiatan pembukaan berupa pembacaan doa oleh Sdra. Muhammad Farhan, dilanjutkan dengan laporan Ketua Panitia Rapat Kerja III Ormawa oleh Sdri. Febby Octaviani Putri.
Acara inti kegiatan Raker III Ormawa Tahun 2021 yaitu pembahasan kalender kegiatan ormawa, UKM, dan asrama periode Agustus 2021 hingga Desember 2021. Pemaparan kalender kegiatan dipandu oleh Saudari Afina Hani selaku penyaji yang merupakan angggota dari Komisi B Badan Legislatif Mahasiswa. Pembahasan kalender Ormawa dilaksanakan dengan sistem pembahasan bulan per-bulan meliputi penyampaian tanggal, metode, sasaran, daftar undangan jajaran, dan anggaran dana yang dialokasikan untuk setiap kegiatan ormawa, UKM, dan asrama. Adapun inti kegiatan yaitu BLM menanyakan konfirmasi dan klarifikasi atas data-data kegiatan yang bertabrakan dengan jadwal kegiatan ormawa/UKM/asrama ataupun menanyakan terkait metode, sasaran, daftar jajaran yang diundang, serta pemakaian platform (jika acara daring) yang belum ditentukan oleh ormawa/ukm/asrama yang bersangkutan.
Terdapat masukan dari Ibu Eko Suryani S. Pd, S. Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, yaitu beliau merasa senang sekali, karena saat masa pandemi seperti ini masih tetap menjalankan proker meskipun terdapat beberapa kendala dan catatan sebagai evaluasi, khususnya untuk acara Raker I – Raker III Ormawa. Meskipun demikian, kegiatan Raker Ormawa yang dijalankan BLM mangalami peningkatan dan kemajuan. “Tetap bersyukur atas yang kita raih sampai bulan Juli ini. Terdapat beberapa kemudahan terkait hal administratif dan sebagainya, seperti keuangan. Namun perlu adanya tindakan dari ormawa yang lebih aktif, khususnya terkait berkas persuratan kegiatan yang sudah ditindaklanjuti direktorat segera untuk ditindaklanjuti kembali. Selain itu, banyak sekali kemajuan dari Komisi B BLM, akan tetapi terdapat kelemahan ketika memeriksa persuratan dari ormawa dan UKM. Mulai sekarang ketika menaikkan persuratan, Kom B harus patuh dengan Bu Eko dan lebih teliti”, tutur beliau.
Acara Rapat Kerja III Ormawa 2021 berakhir pada pukul 15.47 WIB setelah pembahasan kalender ormawa/UKM/asrama selesai pada bulan Desember 2021. Acara berlangsung dengan baik, dengan output yang akan didapatkan adalah berupa kalender ormawa periode Agustus – Desember 2021 yang selanjutnya dijadikan acuan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan agar lebih terorganisir.