Pengenalan dan Pengelolaan Web UKM IT

Unit Kegiatan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta banyak mengadakan kegiatan-kegiatan untuk para mahasiswanya. Salah satunya yaitu UKM TI yang melaksanakan kegiatan Pengenalan dan Pengelolaan Web. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari Sabtu dan Minggu tanggal 24 dan 25 Juli 2021. Kegiatan ini merupakan program kerja dari divisi publikasi dan dokumentasi di UKM TI.  Tujuan dari kegiatan Pengenalan dan Pengelolaan Web ini sendiri yaitu untuk memperdalam, mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan anggota UKM Teknologi Informasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dalam mengenal dan mengelola website

Pada tanggal 24 Juli 2021 yaitu hari pertama pelaksanaan kegiatan Pengenalan dan Pengelolaan Web, acara ini diawali dengan pembukaan dengan berdoa bersama dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars Poltekkes. Setelah itu, laporan panitia yang disampaikan oleh Utari Dyah Purnama sebagai ketua acara tersebut. Acara ini belangsung secara daring melalui Google Meet UKM TI. Acara Pengenalan dan Pengelolaan Web ini dihadiri oleh 25 orang peserta yaitu terdiri dari 20 orang anggota UKM IT, 1 orang delegasi BLM, 1 orang delegasi BEM, , 1 orang UKM Jurnalistik, 1 orang Pembina dan 1 orang narasumber. Setelah laporan panitia dilanjutkan pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Fuad Hasyim Ali Masruri S.Kom. Kemudian setelah pemamaparan materi semua peserta diberi kesempatan untuk bertanya seputar tentang web dan sesi tanya jawab ini berjalan selama 15 menit. Setelah sesi tanya jawab selesai  sebelum MC mengakhiri acara semua peserta diberi kesempatan berfoto bersama dengan narasumber walaupun secara online. Dan acara terakhir yaitu MC menutup acara Pengenalan dan Pengelolaan Web. Acara ini berlangsung dari pukul 07.30 WIB-11.00 WIB.

Tanggal 25 Juli 2021 yaitu hari kedua dari acara ini, acara berlangsung sama seperti hari sebelumnya dengan melanjutkan materi yang telah disampaikan dihari pertama. Pada hari pertama kegiatan, peserta dijelaskan mengenai materi HTML (Hypertext Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheets) dimana bahasa pemograman tersebut bisa membuat tampilan depan web lebih menarik, sedangkan hari kedua dengan materi php dan MySQL untuk menerima dan mengolah database. Hari kedua ini acara dimulai dari pukul 07.30 WIB dan berakhir sekitar pukul  10.45 WIB.