Forum Komunikasi Mahasiswa II 2021 : Ketetapan Kenaikan UKT, Pemahaman Dana DIPA dan Format VK, Lembar Pengesahan serta Susunan Panitia

Sabtu Pon, 04 September 2021 telah terselenggara acara Forum Komunikasi II Mahasiswa dengan tema “Ketetapan Kenaikan UKT, Pemahaman Dana Dipa, Format VK, Lembar Pengesahan, dan Susunan Panitia” yang dilaksanakan secara hybrid yaitu luring bagi panitia dan daring bagi peserta melalui aplikasi Zoom Meeting Room. Narasumber dalam acara Forkom II Mahasiswa tahun 2021 yaitu Ibu R. R Sri Arini Winarti Rinawati, S.K.M., M.Kep. selaku Wakil Direktur II, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, M.A. selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, Ibu Galuh Nilasari Farahmadini, S.E. selaku Bendahara Pengeluaran, dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan perwakilan kelas, serta dihadiri oleh tamu undangan yaitu jajaran/pengelola kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB yang dibuka oleh Saudari Rahma Sabilla selaku MC.  Pembukaan acara diisi dengan kegiatan pembacaan doa, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars WBK Polkesyo, dan pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Forkom II Mahasiswa oleh Saudara Silvester Aditya, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Dr. Iswanto, S. Pd., M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa, “Penghormatan kepada tamu undangan lain. Menghargai adanya forum komunikasi II yang diselenggarakan, kuncinya dengan komunikasi dan cara yang baik sehingga dapat berjalan dengan baik. Apresiasi dan bangga dengan adanya forum komunikasi II yang digelar secara rutin, yang menjadi kebanggaan Politeknik Kesehatan Yogyakarta. Oleh sebab itu terimakasih kepada panitia. Bahwa Politeknik Kesehatan Yogyakarta tempat mengabdi dan belajar bersama mempunyai visi yang luar biasa yaitu unggul berbudaya dan mendunia dalam kecerdasan IQ, emosional, dan spiritual. Unggul berbudaya yang membuat lulusan diminati oleh user Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Sejak mulai berproses sudah ditanamankan etika berbicara dan mengemukakan pendapat dan yakin bahwa dengan komunikasi dan tata yang baik akan mendapatkan simpati dan empati yang baik. … Tunjukkan bahwa mahasiswa Poltekkes Yogyakarta adalah mahasiswa yang memiliki tata krama sopan santun dalam menunjukkan aspirasinya. Tidak ada larangan untuk penyampaian aspirasi, yakinkan bahwa Politeknik Kesehatan Yogyakarta akan mengelola dengan baik. Sampaikan dengan tenanng, menjaga etika, tata krama dan sopan santun.”

Acara inti kegiatan Forkom II Mahasiswa 2021 yaitu diskusi bersama mengenai Ketetapan Kenaikan UKT, Pemahaman Dana Dipa, dan Format Vk, Lembar Pengesahan, dan Susunan Panitia. Acara diskusi dimulai dengan penyampaian pertanyaan yang sudah disiapkan terkait kenaikan UKT sesuai dengan dikeluarkannya PMK No. 55, untuk pemateri yaitu Ibu R. R Sri Arini Winarti Rinawati, SKM., M.Kep. terdapat dua pertanyaan seputar implementasi, rencana penerapan, dan rencana sosialisasi PMK No. 55 kepada pihak orang tua mahasiswa dan terdapat pula pertanyaan seputar alur dan penggunaan dana DIPA yang ditanggapi oleh beberapa jajaran di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, yakni Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, M.A., Bapak Dr. Iswanto, S.Pd., M.Kes., Ibu Galuh Nilasari Farahmadini, SE, dan Bapak Bondan Palestin, SKM., M.Kep., Sp.Kom.. Serta terdapat dua pertanyaan tambahan seputar topik format vk, lembar pengesahan, dan susunan panitia.

Acara diskusi bersama dalam Forum Komunikasi II Mahasiswa berakhir pada pukul 11.45 WIB dan menghasilkan beberapa poin penting jawaban dan hasil diskusi berupa notulensi kegiatan yaitu implementasi PMK No.55 di Poltekkes Yogyakarta berlaku maksimal 15 hari setelah diterbitkan atau ditandatangani oleh direktur, penetapan tarif dipengaruhi oleh kondisi dan situasi yang berada di Poltekkes kemenkes Yogyakarta, dan didasarkan minat masyarakat, akreditasi, masa tunggu dari lulus sampai terserap di lapangan kerja, SDM, dan memperhatikan tarif competitor. Dilihat pada Pasal 5 PMK No.55 kebijakan saat masa pandemi, untuk mahasiswa Angkatan 2021/2022 masih membayar sama dengan tahun sebelumnya. Keberpihakan kampus terhadap mahasiswa dengan memberikan kebijakan yaitu bisa menunda pembayaran UKT dan tak kalah pentingnya juga dalam beasiswa dilipat gandakan dalam jumlahnya. Selain itu, Mahasiswa harus aktif untuk merancang dan melaksanakan monev sampai melaporkannya. Bedah DIPA diadakan diawal tahun untuk memberikan jatah dana kepada Ormawa maupun UKM. Daftar isian pelaksanaan anggaran merupakan dokumen pelaksanaan anggaran disatuan kerja yang disusun oleh KPA. Pembahasan mengenai alur pengajuan, dokumen pendukung pertanggungjawaban, dan ketentuan pendukung DIPA sudah ada secara terperinci yang diharapkan mahasiswatidak mengalami kesalahan yang sama. Terkait verbal konsep dalam validasinya secara berjenjang dan berada di VK, selanjutnya akan didiskusikan terlebih dahulu dalam kegiatan selanjutnya bersama dengan jajaran civitas akademika yang terkait dalam alur tanda tangan di dalam VK.