Debat Terbuka Serta Pemilihan dan Penetapan Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua BLM (Badan Legislatif Mahasiswa) Periode 2021/2022

Puncak serangakaian kegiatan Pemiket (Pemilihan Ketua) Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) ada pada acara Debat Terbuka dan Pemilihan Penetapan Kandidat Calon Ketua. Pada Senin Pahing, 13 September 2021 dilaksanakan acara Debat Terbuka, sedangkan acara Pemilihan dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua dilaksanakan pada Rabu Wage, 15 September 2021. Kedua acara tersebut dihadiri oleh Bapak Dr. Iswanto S.Pd, M. Kes selaku Wakil Direktur III, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, Bapak Yanuar Amin, SST, SH, MH.Kes selaku Koordinator Humas, Promosi, CDC dan Kerjasama, Ketua Jurusan dan Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni Jurusan di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa), Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) dan perwakilan kelas.

Acara Debat Terbuka dimulai pukul 13.38 WIB oleh Sdri. Dini Puspita Sari selaku MC. Pembukaan acara di isi dengan kegiatan pembacaan doa, dilanjukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,  Mars Polkesyo, Hymne Polkesyo, mars WBK dan pembacaan visi misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh saudari Fina Syafitra, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Dr. Iswanto, S. Pd., M.Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “ … Menjadi ketua dan Wakil ketua BLM Ini juga bisa menjadi penguat salah satu CV pengalaman-pengalaman organisasi. Menjadi catatan penting pengalaman juga prestasi yang diraih. Semoga kegiatan ini mendapatkan ketua dan wakil Badan Legislatif Mahasiswa yang lebih bagus dari sebelumnya …”. 

Acara selanjutnya yaitu pembacaan curriculum vitae moderator oleh MC, kemudian pembacaan curriculum vitae Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua Badan Legisatif Mahasiswa Periode 2021/2022 oleh moderator Sdri. Endah Wulanjani S. Adapun calon ketua yaitu Sdri. Hertami Prananingsih nomor urut 2 dan Sdri. Febby Octaviani Putri nomor urut 3. Sedangkan calon wakil ketua yaitu Sdri. Az Zahra Nur Ainiyyah nomor urut 1, Sdri. Yunita Astri Ayomi nomor urut 2, dan Sdra. Rifqi Fadhilauddin nomor urut 3. Pada pukul 14.25 WIB – 14.42 WIB dilaksanakan kegiatan Sesi I yakni Pemaparan dan Pendalaman Visi Misi kandidat calon ketua dan wakil ketua Badan Legislatif Mahasiswa periode 2021/2022. Pada pukul 14.43 WIB – 15.03 WIB dilaksanakan Sesi II yakni Pertanyaan dari Panelis. Dalam sesi ini, kandidat calon ketua dan calon wakil ketua dipersilahkan untuk memandu pemutaran random picker yang akan menentukan nomor amplop berisi pertanyaan yang akan dijawab. Masing – masing kandidat diberikan waktu tiga menit dalam menjawab pertanyaan panelis yang diperolehnya. Lalu, pada pukul 15. 03 WIB – 15.30 WIB dilakukan istirahat untuk sholat Ashar, kemudian pada pukul 15.36 WIB – 16.00 WIB dilanjutkan Sesi III yaitu Pertanyaan Antar Kandidat. Dalam sesi ini, kandidat dipersilahkan untuk meberikan pertanyaan kepada kandidat lain, baik calon ketua maupun calon wakil ketua. Dan apabila kandidat sudah mendapatkan pertanyaan, maka kandidat tersebut tidak boleh ditunjuk lagi. Waktu setiap pemberian pertanyaan dan pemberian jawab yaitu tiga menit. Pada pukul 16.01 – 16.13 Sesi IV yakni Clossing Statement Kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa periode 2021/2022 dan Tim Sukses. Pada pukul 16.14 WIB – 16. 20 WIB yaitu Sosialisasi E-Vote oleh Panpera pusat Feri Dwi Aryanta. Pada pukul 16.21 WIB – 16.23 WIB penutup yang diakhiri dengan doa dan dilakukan sesi foto bersama melalui aplikasi Zoom Meeting Room yang dipandu oleh MC.

Setelah terselenggara acara Debat Terbuka, dilanjutkan dengan Pemilihan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Periode 2021/2022. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 WIB dan dibuka oleh MC. Dalam acara tersebut, disampaikan hasil suara dari perwakilan ormawa, ukm, dan kelas dalam laman web E-Vote di mana hasil perolehan suara terbanyak yang menentukan siapa yang akan menjadi Ketua dan Wakil Ketua Badan Legislatif Mahasiswa Periode 2021/2022. Adapun berdasarkan hasil evote, diperoleh jumlah suara untuk Sdri. Hertami Prananingsih selaku calon ketua nomor urut 2 yaitu 37 suara, Sdri. Febby Octaviani Putri, selaku calon ketua nomor urut 3 memperoleh 90 suara, Sdri. Az-Zahra Ainniyah selaku calon wakil ketua nomor urut 1 memperoleh 49 suara, Sdri. Yunita Astri Ayomi selaku calon wakil ketua no urut 2 memperoleh 37 suara, dan Sdra. Rifqi Fadhilauddin selaku calon wakil ketua nomor urut 3 memperoleh 51 suara. Dengan demikian, ditetapkan bahwa Ketua dan Wakil Ketua BLM periode 2021/2022 adalah Febby Octaviani Putri dari Prodi Sarjana Keperawatan Anestesiologi dan Rifqi Fadhilauddin dari Prodi Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners. 

Dengan terpilihnya Ketua dan Wakil Ketua BLM diharapkan dapat menjadi amanah dalam menjalankan visi misi Polkesyo, serta bisa menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana fungsinya dengan optimal, dalam rangka berperan aktif untuk memajukan Polkesyo.