Hari Kesehatan Lingkungan Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan 2021 ”Jaga Lingkungan, Jaga Bumi, Jaga Generasi.”

Hari Kesehatan Lingkunghan dilaksanakan pada hari Minggu Kliwon – Senin Legi, 26-27 September 2021 oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Hari Kesehatan Lingkungan tahun ini mengusung tema Jaga Lingkungan, Jaga Bumi, Jaga Generasi. Kegiatan Hari Kesehatan Lingkungan dilaksanakan dua hari secara offline dan online. Untuk offline yaitu Pembagian tas belanja lipat dan masker di Malioboro pada hari pertama dan untuk online yaitu kegiatan Open Volunteer melalui media Instagram pada hari kedua. Sebanyak 29 peserta bergabung dalam kegiatan offline dan 107 peserta dalam kegiatan online Hari Kesehatan Lingkungan tahun ini.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa internal Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dan mahasiswa eksternal dari kampus lain. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan beberapa tamu undangan secara online, yaitu HMJ dari seluruh jurusan yang ada di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Prosesi hari pertama Kegiatan Hari Kesehatan Lingkungan  ini diawali dengan pembukaan oleh Nilasari Wareh Utari sebagai pemandu acara di kampus dan pelaksanaan kegiatan Open Volunteer melalui Instagram yang dipandu oleh PJ panitia Open Volunteer, dilanjutkan perjalanan ke Malioboro yang dipandu oleh Zenanda Pramestika untuk pemberangkatan kloter 1 dan Adib Maulana Sundava untuk kloter ke 2. Selanjutnya setelah sampai di Malioboro panitia di arahkan ke titik tempat pembagian tas belanja lipat dan masker oleh Nilasari Wareh Utari. Kemudian panitia mempersiapkan tas belanja lipat dan masker yang akan dibagikan di setiap titik dan dipandu oleh PJ setiap titik. Setelah itu panitia membagikan tas belanja lipat dan masker kepada pengunjung di Malioboro. Kemudian setelah selesai pembagian tas belanja lipat dan masker panitia berkumpul untuk mendokumentasikan kegiatan ini. Lalu acara terakhir yaitu perjalanan pulang ke kampus.

Kemudian untuk prosesi hari kedua Kegiatan Hari Kesehatan Lingkungan ini di awali dengan breafing acara secara online melalui Google meet di pimpin oleh Nilasari Wareh Utari. Kemudian setelah breafing perwakilan dari Pengurus Harian Hari Kesehatan Lingkungan bersiap untuk perjalanan menuju ke UPT Malioboro untuk prosesi pemberian plakat sebagai kenang-kenangan dan ucapan terima kasih. Setelah sampai di UPT secara simbolis perwakilan Pengurus Harian memberikan plakat kepada perwakilan pengurus UPT Malioboro disertai penanda tanganan surat berita acara. Kemudian setelah itu perwakilan Pengurus Harian bersiap untuk perjalanan pulang ke kampus. Acara selanjutnya yaitu prosesi penjurian perlombaan Story Challenge yang dilakukan oleh peserta Open Volunteer. Acara ini bertempat di Ruang Sanitasi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan menghadirkan perwakilan satu Juri dari jajaran dosen. Perwakilan juri diwakilkan oleh Bapak Narto, BE, STP, MP. Setelah itu dilakukan prosesi penilaian perlombaan Story Challenge dengan menampilkan hasil karya peserta Open Volunteer ini melalui Zoom Meeting. Setelah itu lanjut ke acara yang terakhir yaitu penentuan juara Story Challenge dan penutup. Acara diakhiri oleh Nilasari Wareh Utari sebegai pemandu acara.