Puncak Acara Serangkaian PEMIRA: Debat Terbuka Serta Pemilihan dan Penetapan Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Periode 2021/2022

Puncak serangakaian kegiatan PEMIRA (Pemilihan Umum Raya) ada pada acara Debat Terbuka dan Pemilihan Penetapan Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEM periode 2021-2022. Pada Senin Pon, 4 Oktober 2021 dilaksanakan acara Debat Terbuka, sedangkan acara Pemilihan dan Penetapan Ketua dan Wakil Ketua dilaksanakan pada Rabu Kliwon, 6 Oktober 2021. Kedua acara tersebut dihadiri oleh Bapak Dr. Iswanto S.Pd, M. Kes selaku Wakil Direktur III, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, Bapak Yanuar Amin, SST, SH, MH.Kes selaku Koordinator Humas, Promosi, CDC dan Kerjasama, Ketua Jurusan dan Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni Jurusan di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta serta dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa), Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) dan perwakilan kelas.

Acara Debat Terbuka dimulai pukul 13.10 WIB oleh Sdri. Hertami Prananingsih selaku MC. Pembukaan acara di isi dengan kegiatan pembacaan doa, dilanjukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,  Mars Polkesyo, Hymne Polkesyo, mars WBK dan pembacaan visi misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Sdri. Krisyana Susanti G, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Dr. Iswanto, S. Pd., M. Kes. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “ … Debat Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta merupakan wadah aktualisasi diri untuk mencari pemimpin mahasiswa harapan seluruh civitas academica Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Menjadi seorang pemimpin harus dapat menyampaikan aspirasi, bernegosiasi, dan memecahkan berbagai masalah keorganisasian dengan bijak ”. 

Acara selanjutnya yaitu pembacaan ketentuan pemungutan dan perolehan suara oleh Sdri. Febby Octaviani P selaku moderator, dilanjutkan dengan pembacaan curriculum vitae Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Periode 2021/2022, dan pembacaan tata tertib acara. Adapun nama-nama pasangan calon ketua dan wakil ketua BEM yaitu Sdri. Devia Rahma Suparman prodi dan Sdri. Rive Nurdamayanti selaku pasangan calon nomor urut 1 (satu), Sdri. Annisa Diani Salsabila dan Sdra. Wahyu Rizaldi Ramadhan selaku pasangan calon nomor urut 2 (dua), serta Sdri. Annisa Nurriza Satifa dan Sdra. Abraham Qodry Noor. S selaku pasangan calon nomor urut 3 (tiga). 

Pada pukul 13.58 WIB dilaksanakan kegiatan pembacaan visi misi pasangan calon ketua dan wakil ketua, yang merupakan kegiatan sesi I sebelum debat inti dimulai. Setelah itu pada pukul 14.08 WIB dilaksanakan sesi II yaitu pertanyaan jajaran dan audiens. Pada sesi II, jajaran diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada paslon yang dituju, setelah itu paslon tersebut wajib menjawab pertanyaan tersebut dalam waktu 3 menit. Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni yaitu Ibu Eko Suryani, S. Pd, S. Kep, MA memberikan pertanyaan yang sama kepada masing-masing paslon, di mana dalam pertanyaan tersebut terkandung aspek managemen waktu, yaitu terkait bagaimana para pasangan calon dapat managemen waktu dengan baik.

Sesi III yaitu pertanyaan dari panelis. Dalam sesi ini, pasangan calon ketua dan calon wakil ketua dipersilahkan untuk memandu pemutaran random picker yang akan menentukan nomor amplop berisi pertanyaan yang akan dijawab. Masing – masing paslon diberikan waktu tiga menit dalam menjawab pertanyaan panelis yang diperolehnya. Lalu, pada pukul 15.33 WIB dilanjutkan Sesi IV yaitu Pertanyaan antar calon pasangan. Dalam sesi ini, paslon dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan kepada paslon lain. Dan apabila paslon sudah mendapatkan pertanyaan. Waktu setiap pemberian pertanyaan dan pemberian jawab yaitu tiga menit. Pertanyaan dan jawaban yang diberikan oleh setiap paslon sangat beragam yang meliputi dasar-dasar pemikiran yang kritis seperti cara untuk memberikan ruang gerak kepada mahasiswa yang kurang aktif dalam berorganisasi, sampai pada manajemen pelaksanaan kegiatan selama pandemi.

Pada pukul 15.48 – 15.57 dilaksanakan sesi IV yakni Clossing Statement Pasangan Calon Ketua dan Wakil Ketua BEM periode 2021/2022 dan Tim Sukses. Pada pukul 15.57 WIB – 16. 03 WIB yaitu Sosialisasi E-Vote oleh Panpera pusat, Feri Dwi Aryanta. Pada pukul 16.03 WIB penutup yang diakhiri dengan doa dan dilakukan sesi foto bersama melalui aplikasi Zoom Meeting Room yang dipandu oleh MC.

Setelah terselenggara acara Debat Terbuka, dilanjutkan dengan Pemilihan Penetapan Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEM Periode 2021/2022. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.21 WIB dan dibuka oleh MC. Dalam acara tersebut, disampaikan hasil suara dari perwakilan ormawa, ukm, dan kelas dalam laman web E-Vote di mana hasil perolehan suara terbanyak yang menentukan siapa yang akan menjadi Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEM Periode 2021/2022. Adapun berdasarkan hasil evote, diperoleh jumlah suara untuk pasangan calon nomor urut 2 (dua) dengan peroleh suara sebanyak 869 suara. Sedangkan perolehan suara untuk paslon nomor urut 1 yaitu 492 suara, dan paslon 3 memperoleh 589 suara. Jumlah mahasiswa yang memilih yaitu sebanyak 1938 mahasiswa, dengan data mahasiswa yang belum memilih sebanyak 1835 mahasiswa, sedangkan mahasiswa terdaftar sebagai pemilih yaitu sebanyak 3773 mahasiswa, sehingga presentasi suara adalah 51%.

Ditetapkan bahwa Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEM periode 2021/2022 adalah Sdri. Annisa Diani Salsabila dan Sdra. Wahyu Rizaldi Ramadhan.Dengan terpilihnya Pasangan Ketua dan Wakil Ketua BEM diharapkan mampu berperan sebagai nahkoda yaitu menunjukan kinjerja utama yang baik dalam kegiatan kemahasiswaan demi mewujudkan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang terus unggul dalam pestasi, baik akademik maupun non akademik.