Workshop HMPS D3 Gizi 2021 

Kegitan worshop ini merupakan salah satu proker dari HMPS DIII  Gizi. Tujuan kegiatan ini yaitu menjadi salah satu wadah untuk menambah  ilmu dan kemampuan para peserta serta memotivasi atau dapat  mengedukasi peserta pentingnya personal branding sebagai calon ahli gizi  masa kini.dalam kegiatan workshop ini banyak sekali manfaatnya dari segi  ilmu, kerja sama, tali silahturahmi dan masih banyak lagi. Dalam kegiatan  ini kami mengundang Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dosen dan  staf jurusan gizi, delegasi BEM, BLM, HMJ, dan peserta internal jurusan  gizi serta eksternal jurusan gizi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 

Dalam kegiatan workshop ini mengundang pemateri pertama yaitu  Kak Putri Miftakhul Jannah, S.Gz yang membawakan materi dengan  subtema “Personal Branding melalui skill Public Speaking” serta pemateri  kedua yaitu Kak Inneke Orrhyza Agriana yang membawakan materi dengan  subtema Strategi Pengelolaan Website dan Sosial Media Berkaitan dengan  Konten Edukasi dan Kewirausahaan”. Tidak hanya itu sebelum memasuki  acara inti Bapak Joko Susilo, SKM, M.Kes selaku Direktur Poltekkes  Kemenkes Yogyakarta memberi sambutan dalam acara workshop ini.  Beliau juga menyampaikan manfaat dan tujuan kegiatan workshop ini  dilaksanakan. 

Pada awal acara, peserta mengisi form daftar hadir dan pre test. Lalu  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu sambutan  oleh direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta Bapak Joko Susilo, SKM,  M.Kes dan sambutan ketua acara oleh saudari Shafa Maura Agus Putri. 

Setelah penyampaian materi pertama, diadakan sesi praktik yang  dibersamai langsung oleh Kak Putri Miftakhul Jannah, S.Gz. dalam sesi  praktik tersebut terdapat volunteer yaitu Amalia Maharani dari Poltekkes  Kemenkes Yogyakarta dengan membawakan materi tentang anemia. Dalam  sesi praktik tersebut, Kak Putri Miftakhul Jannah, S.Gz. memberikan  masukan supaya lebih memberikan visualisasi seperti mencontohkan ciri/  gejala anemia yang dilihat pada telapak tangan, kondisi tubuh (lemah, letih, lelah, lesu, lunglai), bagian dalam kelopak mata apakah warnanya tampak  merah pucat atau tidak. 

Setelah sesi penyampaian materi kedua oleh Kak Inneke Orrhyza  Agriana, diadakan sesi praktik. Dalam sesi praktik tersebut Kak Inneke  memaparkan tentang langkah-langkah membuat website sendiri dan  terdapat volunteer yang menayangkan hasil dari kegiatan praktik tersebut  yaitu Rilo Wijayanti dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Pada pemateri  kedua ini juga terdapat penugasan microblog yang wajib dikerjakan oleh  seluruh peserta sebagai syarat untuk mendapatkan sertifikat. Penugasan  tersebut diupload dalam instagram pribadi masing-masing dang menandai  akun instagram @hmps.d3gizi dan @iorrhyzaa.  

Pada akhir acara workshop, dilakukan sesi foto bersama oleh seluruh  peserta, tamu undangan, dan panitia. Acara workshop selesai pukul 11.00 WIB dan dilanjutkan dengan pengisian link monitoring dan evaluasi serta  post test.