Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan

Sabtu Kliwon, 16 Oktober 2021 Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan mengadakan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun dengan melakukan pemberian sabun cuci tangan beserta poster edukasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Pasar Godean. Selain pemberian sabun cuci tangan, juga diadakan demonstrasi cuci tangan pakai sabun yang bertujuan untuk mengedukasi kepada masyarakat umum, khususnya bagi pengunjung dan pedagang Pasar Godean. Kegiatan ini juga sudah mendapatkan izin dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sleman. Dari dinas mendapatkan izin dan support sepenuhnya untuk mengadakan kegiatan di Pasar Godean dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh ketua acara saudari Nilasari Wareh Utari dan penyerahan kenang-kenangan kepada pihak UPT Pengelola Pasar Godean dan dilanjutkan demonstrasi cuci tangan pakai sabun kepada pengunjung Pasar Godean. Dalam pemberian sabun cuci tangan ini, pihak panitia yang diwakili oleh ketua acara menyerahkan kepada pihak penerima yaitu Bapak Robert sebagai kepala UPT Pengelola Pasar Godean. Selanjutnya dilakukan Demontrasi cara cuci tangan pakai sabun yang baik dan benar kepada para pengunjung pasar di 3 titik wastafel pasar. Bagi pengunjung pasar yang mau kita ajak edukasi diberikan hadiah berupa sabun batang sebagai kenang-kenangan atas partisipasinya dalam kegiatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun kali ini. Dalam kesempatan ini telah memenuhi target 100 sabun batang diberikan kepada pengunjung pasar. Selain itu juga dilaksanakan edukasi untuk pedagang pasar supaya budaya hidup bersih dan sehat di pasar dapat di maksimalkan sekaligus sebagai langkah menekan angka kasus Covid-19.

 

Acara berakhir pada pukul 10.00 WIB dan ditutup oleh ketua acara yaitu Nilasari Wareh Utari sekaligus sesi foto bersama Kepala UPT Pengelola Pasar Godean dan panitia Kegiatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun.Diharapkan kegiatan ini menjadi wujud aksi nyata Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan dalam pengabdian kepada masyarakat dan sekaligus promosi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta di masyarakat.