Sekolah Kepemimpinan: Inovasi Proker Badan Legislatif Mahasiswa Sebagai Ajang Pembekalan Ilmu Kepemimpinan Untuk Ketua dan Wakil Ketua Ormawa Terpilih Periode 2021/2022

Pada Minggu Pon, 24 Oktober 2021 dilaksanakan acara Sekolah Kepemimpinan yang merupakan suatu inovasi program kerja dari Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) dan merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pemilihan umum raya (Pemira). Tujuan diselenggarakannya acara Sekolah Kepemimimpinan yaitu untuk membekali ilmu kepemimpinan ketua dan wakil ketua ormawa terpilih agar nantinya semakin mantap dalam memimpin arah gerak organisasinya masing-masing.

Acara Sekolah Kepemimpinan dihadiri oleh Ibu Heni Puji Wahyuningsih, S.Si.T., M.Keb. selaku wakil direktur I, Bapak Dr. Iswanto S. Pd, M. Kes. selaku wakil direktur III, Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA selaku Penanggung Jawab Mahasiswa dan Alumni, dan peserta acara yang merupakan ketua dan wakil ketua terpilih periode 2021/2022 ormawa di lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara dimulai pukul 08.15 WIB yang dibuka oleh Sdri. Miftah Imti S selaku MC. Pembukaan acara di isi dengan kegiatan pembacaan doa, dilanjukan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars Polkesyo, Hymne Polkesyo, Mars WBK dan pembacaan Visi Misi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh saudari Krisyana Susanti G, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bapak Dr. Iswanto, S. Pd., M.Kes. yang mewakili Bapak Direktur. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “ Ucapan selamat dan semangat kepada ketua dan wakil ketua organisasi mahasiswa yang terpilih. Semoga dapat menjalin kerja sama dengan baik dan hal itu akan menjadi spirit untuk membantu mewujudukan Polkesyo yang unggul, berbudaya, mendunia. … Sekolah kepemimpinan akan memperkuat bagaimana kompetensi softskill. Karena kompetensi akademik saja tidak cukup dalam mengejar target di dunia kerja. Oleh karena itu manfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya …”. 

Acara selanjutnya yaitu pembacaan curriculum vitae moderator oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pengisian pre test peserta melalui quiziz yang dipandu oleh moderator yaitu Sdri. Hertami Prananingsih. Dalam pre test, peserta yang memperoleh skor tertinggi mendapatkan reward dari panitia. Setelah pre test selesai, moderator memulai acara inti yaitu pemaparan materi yang masing-masing pemateri diberi waktu 45 menit untuk pemaparan dan tanya jawab 15 menit. Pemateri pertama yaitu Bapak Yanuar Amin, S.ST., SH., M.H. Kes., yang merupakan Koordinator Humas, CDC, dan Kerjasama Polkesyo. Beliau menyampaikan materi “Manajemen Kepemimpinan dalam Berorganisasi”. Adapun poin-poin penting yang beliau sampaikan adalah mengenai pengenalan terhadap diri sendiri, proses menuju cita-cita yang diinginkan, kompetensi yang harus dimiliki pemimpin (berkomitmen, mandiri, reflektif, dll), sampai pada manajemen kepemimpinan (P-O-A-C). Adapun terdapat beberapa pertanyaan untuk pemateri I seputar tipe kepemimpinan di era pandemi, pemimpin yang dominan, sampai pada cara mengahadapi anggota yang egois. 

Setelah materi I selesai, dilanjutkan sesi pemaparan materi II mengenai Know Yourself and Lead The Way, yang disampaikan oleh Sdra. Muhammad Alfian Fadhilah yang merupakan Ketua BEM Universitas Jakarta. Poin-poin penting yang disampaikan oleh Sdra. Alfian meliputi keyakinan terhadap diri sendiri dapat berpengaruh, pengenalan diri sendiri untuk menjadi pemimpin yang baik, self regulating (awarness + self concept), hingga pada golden circle yang harus dimiliki seorang pemimpin (Why yaitu tujuan atau motivasi melakukan sesuatu, How yaitu tindakan spesifik yang dilakukan untuk merealisasikan impian, dan What yaitu apa yang dilakukan). Beberapa pertanyaan yang diajukan peserta yaitu mengenai cara membangun kepercayaan, dampak tidak mampu mengenali diri sendiri, hingga pada menanggapi kritikan orang lain. 

Acara inti terakhir yaitu berupa pemaparan materi III oleh Ketua Senat Universitas Diponegoro, Amryl Naufal Ilham Mahinisha, dengan materi mengenai Supervisory Skill for A Great Supervisor. Poin-poin penting yang disampaikan oleh Sdra. Naufal yaitu mengenai dasar kepemimpinan, posisi dan peran supervisor, sampai pada how to make it happen to be great supervisor. Beberapa pertanyaan yang diajukan peserta yaitu mengenai cara menghadapi perbedaan persepsi sebagai good supervisor, cara menyatukan berbagai inovasi anggota, serta sampai kepada mencegah gaya kepemimpinan otoriter.

Setelah terselenggara pemaparan materi, dilanjutkan dengan pengisian post test oleh peserta. Setelah selesai post test, dilanjutkan dengan penutupan sesi pemaparan materi oleh moderator dan dilanjutkan dengan penutupan acara dan sesi dokumentasi (foto bersama) yang dipimpin oleh MC. Acara selesai pada pukul 13.20 WIB, yang dengan terselenggaranya acara baru dari BLM, yaitu Sekolah Kepemimpinan, diharapkan para ketua dan wakil ketua ormawa terpilih periode 2021/2022 dapat memperoleh bekal mengenai skill kepemimpinan, jiwa kepemimpinan, dan manajemen kepemimpinan yang baik.