Open Recruitment Dan Pemilihan Umum Raya Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022

Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis merupakan salah satu organisasi mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Organisasi mahasiswa tentunya memiliki berbagai program kerja yang harus dicapai dalam watu tertentu. Adanya program kerja dalam suatu organisasi mahasiswa menjadi hal yang sangat penting. Dalam menjalani proses untuk melaksanakan program kerja tersebut sangat dibutuhkan jiwa tangguh dan penuh tanggung jawab yang nantinya akan berkembang melalui berbagai pelatihan. Program kerja yang dimaksud dalam hal tersebut adalah Open Recruitment dan Pemilihan Umum Raya.

Kegiatan Open Recruitment dan Pemilihan Umum Raya Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III  Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022 dilaksanakan secara berangkaian dimulai dari Sabtu Legi tanggal 28 Agustus 2021 sampai dengan Jumat Legi tangal 22 Oktober 2021. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid dengan metode daring melalui Google Form, Google Meet dan Zoom Meeting dan luring di Ruang Kuliah III, IV dan VII Jurusan Teknologi Laboratorium Medis. Secara keseluruhan acara Open Recruitment dan Pemilihan Umum Raya Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III  Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022 berjalan lancar. 

Alur dari kegiatan Open Recruitment dan Pemilihan Umum Raya Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III  Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022 adalah sebagai berikut :

  • Tes Tulis dan Tes Wawancara pada Sabtu Legi – Minggu Pahing, 28 Agustus 2021 – 29 Agustus 2021

Peserta yang sudah mendaftar melalui Google Form, selanjutnya melaksanakan tes tulis dan tes wawancara secara daring (online). Peserta yang diterima sebagai pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022 adalah peserta yang lolos tes tulis dan tes wawancara.

  • Dialog Dosen Bersama Calon Ketua dan Wakil Ketua pada Rabu Pahing, 13 Oktober 2021

Berdasarkan tes sebelumnya, peserta yang mendapat poin tinggi akan masuk sebagai nominasi calon ketua dan calon wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022. Melalui tes kali ini kandidat diseleksi kembali melalui dialog bersama Ketua Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis dan Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni Jurusan Teknologi Laboratorium Medis sehingga didapatkan dua pasangan calon ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022.

  • Debat Terbuka Calon Ketua dan Wakil Ketua pada Kamis Kliwon, 21 Oktober 2021

Kedua pasangan calon ketua dan wakil ketua yang sudah terpilih, melaksanakan debat terbuka yang disaksikan oleh dosen dan karyawan Jurusan Teknologi Laboratorium Medis, delegasi organisasi mahasiswa dan perwakilan kelas. Setiap pasangan calon ketua dan wakil ketua menjawab pertanyaan dari panelis dan tamu undangan.

  • Penetapan Ketua dan Wakil Ketua pada Jumat Legi, 22 Oktober 2021

Tahap akhir dari serangkaian kegiatan ini adalah pemilihan umum raya dan penetapan ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022, dimana setiap mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis mendapatkan hak pilih untuk memilih satu pasangan calon ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022. Pasangan calon ketua dan wakil ketua yang mendapatkan perolehan suara terbanyak akan ditetapkan sebagai ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022.

Berdasarkan hasil serangkaian kegiatan tersebut, peserta yang mendaftar sebagai calon pengurus baru sebanyak 11 orang, setelah dilaksanakan tes tulis dan tes wawancara peserta yang lolos adalah 9 orang. Peserta yang lolos tes tulis dan wawancara kemudian diseleksi kembali bersama anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis periode sebelumnya dalam sesi dialog dosen untuk mendapatkan dua kandidat calon ketua dan wakil ketua. Kedua kandidat tersebut adalah Novita Siti Musyafaah bersama Vina Nur Aisyah sebagai pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 01 dan Fenty Dwi Amalia bersama Eva Nurhikmah sebagai pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 02. Kedua kandidat tersebut selanjutnya melaksanakan debat terbuka yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis, Penanggung Jawab Kemahasiswaan dan Alumni Jurusan Teknologi Laboratorium Medis dan Penanggung Jawab Penjaminan Mutu Jurusan Teknologi Laboratorium Medis. Tahap terakhir dari kegiatan ini adalah pemilhan umum raya dan penetapan ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022. Berdasarkan pemilihan umum raya yang telah dilaksanakan, didapatkan perolahan suara sebagai berikut : pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 01 memperoleh 77 suara dari total 125 suara yang masuk dengan persentase 61,6 %, sedangkan pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 02 memperoleh 48 suara dari total 125 suara yang masuk dengan persentase 38,4 %. Berdasarkan hasil perolehan suara tersebut dapat disimpulkan bahwa pasangan calon ketua dan wakil ketua nomor urut 01 terpilih sebagai ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Periode 2021/2022.