Desa Binaan Jurusan Kesehatan Lingkungan Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan 2021

Sabtu Legi, 06 November  2021 telah terselenggara acara Desa Binaan yang diselenggarakan oleh Jurusan Kesehatan Lingkungan bersama Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkkes Kemenkes Yogyakarta. Acara dilaksanakan secara luring di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Acara desa binaan diisi dengan penyuluhan mengenai Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dan aksi membuat sabun dari minyak jelantah. Selain itu dilakukan juga promosi kampus yang disampaikan oleh Sulton Mustafid dan Annisa Krisnur Haliza. Pada aksi yang membuat sabun dari minyak jelantah dipimpin oleh Anisa Putri Utami dan Novi Hidayati. Penyuluhan bertempat di Masjid Al-Ma’ruf  Dusun Klepu, Desa Hargowilis, Kokap,Kulon Progo.

Acara dihadiri oleh masyarakat yang terdiri dari 20 orang dari Dusun Klepu dan 20 orang dari Dusun Bibis. Selain itu dihadiri oleh tamu undangan yaitu bapak Mirza Fauzie,SST.M.Kes selaku Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan dan bapak Narto, BE, STP. MP selaku Penanggung Jawab Promosi, CDC, Kerjasama Jurusan Kesehatan Lingkungan, Kepala Dusun Klepu dan Dusun Bibis, Ketua RT Dusun Klepu dan Dusun Bibis serta delegasi Badan Eksekutif Mahasiswa, delegasi UKM Jurnalistik dan 29 anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan kesehatan lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Desa Binaan Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta bertema “Reduce Waste, Make Environmental Health”. Acara dibuka dengan pembukaan yang disampaikan oleh MC yaitu Muhammad Farhan Suswandi, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yang disampaikan oleh Kirana Noor Azillia Prameswara, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan oleh Bapak M. Mirza Fauzie, SST, M.Kes setelah itu dilanjutkan sambutan Kepala Dukuh Klepu yang disampaikan oleh Bapak Haryono S.T. Kemudian dilanjut acara inti yaitu promosi kampus yang berlangsung 30 menit dan dilanjutkan dengan penyuluhan mengenai STBM dan aksi membuat sabun dari minyak jelantah yang bertujuan untuk mengurangi limbah rumah tangga berupa minyak jelantah.